IMPLEMENTASI KOMPETENSI LEADERSHIP SKILL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SINERGITAS KINERJA GURU DI MAN 3 ACEH UTARA
Abstrak
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Majid, M. A. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Motivator: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 138–152.
Alvionita, M., Putri, D. W. M., & Syaifudin, M. (2024). Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan : Prinsip Dan Teknik. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 127–134.
Ariswanto, A., & Nurnaningsih, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Tsanawiyah As’ adiyah No. 3 Atapange Wajo Sulawesi Selatan. Journal on Education, 02(04), 405–413.
Aulia Gusli, R., Sesmiarni, Z., Akhyar, M., & Mira Lestari, K. (2024). Pendekatan Efektif dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 477–488.
Badhotiya, G. K., Gurumurthy, A., Marawar, Y., & Soni, G. (2024). Lean manufacturing in the last decade: insights from published case studies. Journal of Manufacturing Technology Management, 35(4), 766–798.
Badriah. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 135–156.
Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.
Danu, A. (2024). Membangun Kepemimpinan Siswa melalui Pendidikan Karakter di SMP IT Ar-Rasyid. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2), 332–337.
Ebneyamini, S., & Sadeghi Moghadam, M. R. (2018). Toward Developing a Framework for Conducting Case Study Research. International Journal of Qualitative Methods, 17(1).
Faiqoh, D. (2019). Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 7(1), 98–110.
Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314.
Hasanah, I. (2024). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini: Fondasi Penting dalam Pembentukan Pribadi. ABATATSA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 42–54.
Herawati, Murniati, & Yusrizal. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada SMP 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pacasarjana Uinsyah, 3(2), 59–68.
Istiarsyah, I., Garnida, D., Kamarullah, K., Setiawan, R., Sabaruddin, S., & Santoso, Y. B. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Penyelenggara Pendidikan Inklusif Melalui Bimbingan Teknis Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus Enhancing the Competence of the Inclusive Education Teachers through Technical Guidance for the Fulfillment of Special Education Teache. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 6(1), 60–74.
Istiarsyah, I., Maisura, M., Nurhabibah, N., Kumita, K., & Kamarullah, K. (2025). Transforming teacher competence through ChatGPT: Designing innovative and effective lesson modules. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 505–513.
Johnson, K. R., Nery-Kjerfve, T., Yeager, K., & McLean, G. N. (2024). Qualitative research in the Academy of Human Resource Development-sponsored journals. European Journal of Training and Development.
Kamarullah, K., Hasrina, N., Istiarsyah, I., Singh, A. K. J., & Maulya, R. (2024). A Bibliometric Analysis of English Teaching in Inclusive Education Using Scopus Data. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 10(2), 148–164.
Kamarullah, K., Istiarsyah, I., Maisura, M., Maulya, R., & Bahri, S. (2024). Analysis on Platform Merdeka Mengajar (PMM): Does it affect teachers’ workload and well-being? Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 9407–9421.
Kartiko, A., Rokhman, M., Priyono, A. A., & Susanto, S. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Servant Kepala Madrasah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 1–14.
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72.
Lestari, I., Habibah, A., Khoiriyah, A., & Indriyani, F. (2022). Pengembangan Pendidikan melalui Sekolah Bertaraf Internasional. TSAQOFAH, 2(1), 102–112.
Lubis, S. (2021). Meningkatkan Komitmen Guru Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Sekolah. AL-IRSYAD, 11(2), 349.
M Daud, Y. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Manajerial Sekolah. Intelektualita, 12(1), 41–60.
Maalie, N. (2020). Implementasi Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 190–203.
Manouilidou, E., Papadopoulou, E. A., & Chatzikiriakou, I. (2024). Teacher Evaluation: A Triangulation Study of Data Sources. European Journal of Contemporary Education and E-Learning, 2(3), 54–73.
Manurung, A. A., & Laoli, D. (2021). The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Motivation And Understanding Of Mathematical Concept Students Of SMP Negeri 2 Tuhemberua. Al’Adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(2), 170–196.
Muksalmina, M., Istiarsyah, I., Kamarullah, K., & Sabaruddin, S. (2024). How Effective is Differentiated Instruction Model for Special Needs Students? Perspectives of Inclusive Teachers. Proceeding of International Conference on Special Education in South East Asia Region, 3(1), 220–231.
Normawati, Y., Ulandary, Y., Setiawan, R., Istiarsyah, I., Maisura, M., & Anggraini, Z. (2024). Implementation of Inclusive Education for Children with Special Needs at Sekolah Alam Bireuen (SABIR). Journal of Education for Sustainability and Diversity, 3(1), 146–163.
Nurhabibah, N., Asiah, N., & Istiarsyah, I. (2024). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Berbahasa pada Anak Speech Delay Usia 4-5 Tahun. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 7(2), 149–155.
Papavasileiou, E. F., & Dimou, I. (2024). Evidence of construct validity for work values using triangulation analysis. EuroMed Journal of Business, 20(5), 98–115.
Prastiwi, M. A., & Widodo, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Era 5.0, Pendidikan dan Teknologi, Pada Kompetensi 21st Century. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 536–544.
Qiftiyah, M., Rahmi, R., & Anti, S. L. (2020). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 1–9.
Rahman, A. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 122–132.
Ramli, M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 13–36.
Resmalia Putri, D., Hakim, L., MY, M., & Wahyudi Diprata, A. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(3), 91–99.
Salmona, M., & Kaczynski, D. (2024). Qualitative data analysis strategies. In How to Conduct Qualitative Research in Finance (pp. 80–96). Edward Elgar Publishing.
Sari, H. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm)Melalui in House Training (Iht) Di Sdn Tlekung 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 318–339.
Sari, N., Dewi, R., Dilliantika, R., Handriyani, R., & Chusnul, R. (2024). Korelasi Antara Kompetensi Leadership Guru Al- Qur ’ an Hadits dengan Sikap Kepemimpinan Siswa Kelas X Madrasah Aliyah. 4(1), 2348–2353.
Setiawan, A., & Rosita, R. (2023). Memperkuat Konsep Pendidikan Sekolah Bertaraf Internasional: Analisis terhadap Kajian Literatur dan Best Practices. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 135–151.
Soleh, M. I. (2024). Transformasi Administrasi Pondok Pesantren Modern di Indonesia. Journal of Education and Religious Studies, 4(02), 50–59.
Solehah, M., Lukman Hakim, & Lalu Muhammad Nurul Wathoni. (2024). Strategi Kepala Sekolah Mengelola Sumber Daya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 8(2), 171–184.
Sugianto, M. (2018). Kepemimpinan Visioner; dalam Membangun Budaya Organisasi Berprestasi di MAN 2 Probolinggo. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 4(2), 160–175.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i2.2946
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: