PEMBELAJARAN MENULIS TULISAN ARAB MELAYU MENGGUNAKAN APLIKASI LEXILOGOS ARABIC-JAWI

Junaidi Junaidi, Vera Wardani

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis tulisan Arab Melayu menggunakan aplikasi Lexilogos Arabic-Jawi pada Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jabal Ghafur, Sigli. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data utama berupa Dosen dan Mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran, sebanyak 3 Dosen dan 73 Mahasiswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil latihan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis tulisan Arab Melayu dengan aplikasi Lexilogos Arabic-Jawi dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu pengenalan konsep dasar tulisan Arab Melayu dan latihan konversi teks Latin ke tulisan Arab Melayu. Aplikasi ini mempermudah mahasiswa dalam memahami bentuk tulisan Arab Melayu dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menulis sehingga berkurangnya kesalahan dalam bentuk huruf, cara menyambung huruf, dan struktur tulisan. Penggunaan aplikasi Lexilogos Arabic-Jawi mendapat respon positif dari mahasiswa, terutama karena kemudahannya dalam memvisualisasikan hasil tulisan secara instan. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan perangkat digital dan fitur pembelajaran yang belum sepenuhnya mendukung kebutuhan mahasiswa.

Kata kunci: Pembelajaran menulis, tulisan Arab Melayu, aplikasi Lexilogos Arabic-Jawi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Aziz, M. P. G. M. A. (2004). Memperkasa bahasa Melayu/Indonesia dalam memperkukuh peradaban bangsa.

Fultz, . (2023). Lexilogos. Technical Services Quarterly, 40(2), 115-116.

Izzan, H. A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Humaniora Utama Press.

Junaidi (2020). Modul Tulisan Arab Melayu. Banda Aceh: Universitas Serambi Mekkah.

Kurniadi, F. (2017). Pengefektifan Keterampilan Menulis Mahasiswa dengan Metode Menulis Buku Catatan Harian. Innovation in Langage and Language Teaching in the 21st Century, hal, 276.

Pratiwi, Y. (2018). Pola pembelajaran aksara arab melayu di kelas iii mis hm hefni jln. batang kuis desa dalu xa kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Pudjiarti, E. S. (2023). Pembelajaran Kooperatif: Pendekatan Efektif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Prestasi Akademik. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1-71.

Putera, G. H. (2020). Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Indonesia: Analisis Filosofis Terhadap Tunjuk Ajar Melayu (Butir-Butir Budaya Melayu Riau Karya Tenas Effendy) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LKIS Pelangi Aksara.

Saptadi, N. T. S., Andriani, R., Hayati, R., Raju, M. J., Maulani, G., Wardoyo, T. H., & Hadikusumo, R. A. (2024). Pendidikan Multilingual: Teori dan Praktik. Sada Kurnia Pustaka.

Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., ... & Gunawan, I. G. D. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.

Rahmi, H., Nofiana, S., & Nuraiza, N. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE LATIIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA TEKS LAGU PADA SISWA KELAS X. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 283-293.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i2.2860

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: