Kecenderungan Metode yang digunakan oleh Guru pada Pembelajaran Pjok di SMP Negeri dalam Wilayah Kecamatan Peukan Baro

Amirzan Amirzan, Muhammad Muhammad, Muhammad Yahya, Fakhruz Akhyar

Abstrak


ABSTRAK

Berdasarkan beberapa pernyataan pada teori bahwa metode pembelajaran pada rencana pelaksanaan pembelajaran RPP/Bahan Ajar cenderung bersifat dekoratif dan saling melengkapi dengan rancangan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah memetakan penggunaan metode pengajaran menggunakan RPP/Bahan Ajar. Rancangan penelitian ini memakai pendekatan penelitian deskriptif dengan memakai cara analisa dokumen (content analysis). Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan para pendidik, pimpinan kurikulum, dan guru PJOK pada SMP di wilayah kecamatan Peukan Baro. Sampel dikumpulkan dengan memakai teknik purposive sampling. Metode pemerelohan data memakai metode dokumenter. Alat yang digunakan adalah manual yang telah divalidasi dengan dua laporan. Pola menganalisis data dengan menggunakan adalah tinjauan pustaka dan dinyatakan dalam persentase kuantitatif. Berdasarkan hasil tersebut, sebanyak 20,72% guru cenderung menggunakan metode demonstrasi. Pengajar dominan memakai 5 strategi mengajar ketika merencanakan pembelajaran (36,36%). Terdapat 21,42% guru cenderung menggunakan teknik demonstrasi pada materi Big Ball Game. Metode yang agak kurang dipergunakan oleh pihak pengajar antara lain metode ujian mandiri, metode konvergensi, metode divergen, metode program individu siswa, metode rujukan siswa, serta metode mandiri belajar. Pada kurikulum merdeka, sebanyak 20,82% guru sering memakai metode demonstrasi. Sebanyak 21,57% guru serring memkai metode demonstrasi terutama dalam program kurikulum merdeka.

Kata Kunci: Metode , pendidikan, guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arma Abdoellah. 1996. Penjas Adaptif. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dinas Pendidikan Kabupaten Labuanbatu. 2015. Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Diakses pada tanggal 27 aPRIL 2024 dari http://disdik.labuhanbatukab.go.id/images/permendikbud_tahun2014_nomor 03_lampiran.pdf.

Dwi Siswoyo. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Eddy Purnomo & Dapan. 2011. Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.

J. S. Husdarta. 2010. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 Tentang KTSP. Diakses pada tanggal 27 aPRIL 2024 dari http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Kur/Lampiran%20Permen %20Nomor%2061%20th%202014%20ttg%20KTSP.pdf.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Di akses pada tanggal 27 April 2024 dari http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Permendiknas%20No%204 1%20Tahun%202007.pdf.

Muska Mosston and Sara Ashworth. 2008. Teaching Physical Education.Columbus: Merril Publising Company.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata dan Erliany Syaodih. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

S Nasution. 2012. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Soni Nopembri dan Nur Rohmah Muktiani. 2009. Perbandingan Penerapan Gaya Mengajar Mosston dan Model Pembelajaran Metzler dalam Pembelajaran

Penjas. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Olahraga, FIK UNY.

Sri Rahayu. 2015. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 29 April 2024 dari http://www.komnasham.go.id/instrumen-ham-nasional/uu-no-20-tahun- 2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.

Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press..

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT. Rineka Cipta.

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tim Dosen AP. 2010. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Udin S. Winataputra, dkk. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

_______. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA. Diakses pada tanggal 27 Maret 2024 dari http://forumgurunusantara.blogspot.co.id/2014/ 10/download-permendikbud-no-59-tahun-2014.html.

_______. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP. Diakses pada tanggal 27 April 20124 dari http://forumgurunusantara.blogspot.co.id/2014/ 10/download-permendikbud-no-60-tahun-2014.html.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2543

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: