EVOLUSI PENGETAHUAN: JEJAK SEJARAH, KLASIFIKASI, DAN STRATEGI PERKEMBANGAN

Asma Latifa, Azmi Fitrisia, Siti Fatimah

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk membahas evolusi pengetahuan melalui sejarahnya, serta klasifikasi dan strategi perkembangan yang terjadi dalam berbagai cabang ilmu. Dengan latar belakang perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengetahuan manusia telah berkembang dari zaman primitif hingga zaman modern, serta bagaimana klasifikasi ilmu dan strategi perkembangannya memengaruhi pola evolusi pengetahuan. Metode penelitian melibatkan analisis historis terhadap literatur dan dokumen yang relevan, serta penelusuran terhadap perkembangan konsep dan teori dalam berbagai disiplin ilmu. Hasilnya menunjukkan bahwa evolusi pengetahuan tidak hanya mengikuti pola linier, tetapi juga dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara faktor internal dan eksternal. Klasifikasi ilmu dan strategi perkembangan memainkan peran penting dalam mengarahkan evolusi pengetahuan, dengan memberikan kerangka kerja untuk pengembangan lebih lanjut serta mempengaruhi arah penelitian dan inovasi. Penulis menyimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang sejarah, klasifikasi, dan strategi perkembangan ilmu pengetahuan merupakan kunci untuk meramalkan dan membentuk masa depan pengetahuan manusia.

Kata kunci: Evolusi pengetahuan; sejarah; klasifikasi ilmu; strategi perkembangan; analisis historis.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anand, G., Larson, E. C., & Mahoney, J. T. (2020). Thomas Kuhn on Paradigms. Production and Operations Management, 29(7), 1650–1657. https://doi.org/10.1111/poms.13188

Comte, A., & Bridges, J. H. (2015). A General View of Positivism. Routledge.

Daulay, H. P., Dahlan, Z., Sinulingga, E. D. B., & Khairiyah, F. (2020). Integrasi Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(2), 49–58. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jurkam/article/view/606

Fillafer, F. L., Feichtinger, J., & Surman, J. (2018). Introduction: Particularizing Positivism. Springer.

Habermas, J. (2020). The Public Sphere: An Encyclopedia Article. In Critical theory and society (pp. 136–142). Routledge.

Habermas, J. (2023). Toward a Rational Society. In Social Theory Re-Wired (pp. 285–290). Routledge.

Helfenbein, K. G., & DeSalle, R. (2005). Falsifications and Corroborations: Karl Popper’s Influence on Systematics. Molecular Phylogenetics and Evolution, 35(1), 271–280. https://doi.org/10.1016/j.ympev.2005.01.003

Hilmi, M. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Pergulatan Pemikiran Cendekiawan Kontemporer. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(02), 251–269.

Kubro, R., Satrio, A., Rofi’ah, M., Faidlaani, A., & Reza, M. (2020). Eksistensi Ilmu Pengetahuan di Era Revolusi 4.0. SOSIO DIALEKTIKA, 5(2), 12. https://doi.org/10.31942/sd.v5i2.3876

Marques, H. R., Josemar, C. M., Rios, J., Jacob, C., Bosco, D., & Rios, R. (2019). The Concept of Paradigm in The Social Sciences: Counterpoint to Thomas Kuhn. Revista Direito UFMS, 5(1). https://doi.org/10.21671/RDUFMS.V5I1.7630

Mitra, S. (2020). An Analysis of the Falsification Criterion of Karl Popper: A Critical Review. Tattva - Journal of Philosophy, 12(1), 1–18. https://doi.org/10.12726/tjp.23.1

Nabila, N., Berutu, A. T., & Tambunan, N. F. A. (2023). Filsafat Ilmu di Era Globalisasi. HIBRUL ULAMA, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i1.506

Orman, T. F. (2016). Paradigm” as a Central Concept in Thomas Kuhn’s Thought. International Journal of Humanities and Social Science, 6(10), 47–52.

Parida, P., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Fadhil Rizki, A. (2021). Kontruksi Epistimologi Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 273–286. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.35503

Pickering, M. (2011). Auguste Comte. The Wiley-Blackwell Companion to Major Social Theorists (Classical Social Theorists), 1, 30–60.

Putawa, R. A. (2022). The Natural Relation of The Mathematical Mind and Reality: A Study of The Liang Gie’s Philosophical Thought. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 140–146. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.41578

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Rodin, R., & Zara, J. (2020). Perkembangan Kepustakawanan Islam Klasik dan Kontribusinya Bagi Perpustakaan Masa Sekarang. JUPITER, 17(1), 1–9. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/11307

Saiful, S. (2023). Sistem Pendidikan Islam, Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1100–1107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1659

Surajiyo, S. (2022). Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 54–65.

Tambak, S. (2011). Pemikiran Pendidikan al-Ghazali. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 73–87. https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1541

Walker, T. C. (2010). The Perils of Paradigm Mentalities: Revisiting Kuhn, Lakatos, and Popper. Perspectives on Politics, 8(2), 433–451.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2380

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: