PENGARUH MEDIA YOUTUBE “OMAR & HANA” TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 2 TAHUN

Muhammad Darwis, Intan Zuhra, Nurjannah Nurjannah

Abstrak


The purpose of this study is to examine the influence of YouTube media, namely some of Omar and Hana's videos, on the speaking skills of children aged two years. This research is a qualitative descriptive study. The study included three two-year-old children. This study's data was collected through observation, interviews, and table-formatted field notes. The findings revealed that Omar and Hana's film had an impact on the speaking skills of two-year-old youngsters. This is demonstrated by the subject's interest in some of Omar and Hana's films. YouTube is also rated as a language acquisition (vocabulary) learning medium for youngsters, hence it is possible to assume that YouTube media influences the speaking skills of two-year-olds.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa pengaruh media YouTube, yaitu beberapa video Omar dan Hana, pada keterampilan berbicara anak-anak berusia dua tahun. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan tiga anak berusia dua tahun. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan berformat tabel. Temuan ini mengungkapkan bahwa film Omar dan Hana memiliki dampak pada keterampilan berbicara anak-anak berusia dua tahun. Hal ini ditunjukkan oleh minat subjek dalam beberapa film Omar dan Hana. YouTube juga dinilai sebagai media pembelajaran akupunktur bahasa (vocabulary) untuk anak-anak muda, oleh karena itu mungkin untuk mengasumsikan bahwa media YouTube mempengaruhi keterampilan berbicara anak berusia dua tahun.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, R. Z., F., Janah, & Siagian I. (2022). Analisis pemerolehan bahasa pertama pada usia 2-3 tahun: Kajian fonologi.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10303–18. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4054.

Al-Rasyid, A. A. M., and I. Siagian. (2023). Struktur bahasa Indonesia dan pemerolehan bahasa pada anak usia dini. Innovative: Journal of Social Science, 3(3), 6262–6274. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2840.

Cahyani, P. A. H. I., & Rasna, I. W. (2020). Pengaruh media youtube ‘Babybus’ terhadap keterampilan berbicara anak usia 2 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 95–102.

Castillo-abdul, B., Romero-rodríguez, L. M., & Larrea-ayala, A. (2020). Kid influencers in Spain : Understanding the themes they address and preteens’ engagement with their youtube channels. Heliyon 6(1), 1–10. doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e05056.

Dewi, A. A. I. K. (2023). Meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual pada siswa sekolah dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–59. doi: 10.47178/y3j0dx55.

Elya, M. H. (2020). Pengaruh metode bercerita dan gaya belajar terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302-315. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.326.

Fitriana, D., & Agustin, V. S. (2023). analisis perkembangan pemerolehan bahasa pada anak usia sekolah dasar. Innovative: Journal of Social Science Research Volume, 3(6), 4580–88. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7077.

Hayati, S., & Na’imah, N. (2022). Analisis kompetensi berbicara anak usia dini pada masa new normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3203–17.

Herdiyanti, A, & Suparno, S. (2023). Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap keterampilan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1063–72. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3876.

Kartini, K., Hasibuan, D. R. A. H., Angginami, H., Ritonga, I. A, & Saragih, R. A. (2022). Pemanfaatan media sosial youtube sebagai media edukasi di kalangan milenial. Sci-Tech Journal, 2(2), 142–47. doi: 10.56709/stj.v2i2.72.

Khoirunnisa, I., Diniyah, T., & Noviyanti, S. (2023). Pemerolehan bahasa dan faktor pendukung pemerolehan bahasa anak. Innovative: Journal of Social Science Research 3(6), 4353–63. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7040.

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh storytelling berbantu media audio terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1813.

Lestari, I. (2021). Perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113–18. doi: 10.51651/jkp.v2i2.46.

Marfuah, J., Nirmayanti, & Bismawati, A. (2023). Pemerolehan bahasa pada anak usia dini: Studi kasus TK PKK Masaingi (sebuah tinjauan psikolinguistik). Innovative: Journal of Social Science Research, 3(5), 1585–1595. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5025.

Maudyta, D., Aslamiah, A., & Wahdini, E. (2023). Pengaruh tingkat pendidikan dan perhatian orang tua pada pola komunikasi terhadap kemampuan berbicara anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1302–11. doi: 10.31004/obsesi.v7i2.3897.

Munani, M., Stiani, D., Alfiah, N. Rosilah, R., & Watini, S. (2023). Implementasi model SIUUL dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(5):3092–98. doi: 10.54371/jiip.v6i5.1955.

Nisyah, K., & Hudiyono, Y. (2023). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini (pemerolehan fonologi pada anak 2 tahun). Journal of Educational and Language Research 2(6), 895–902. doi: https://doi.org/10.53625/joel.v2i6.4794.

Nunzairina, N., Rangkuti, H., & Skd, S. H. (2023). Pemanfaatan media youtube dalam pembelajaran anak usia dini di TK Al Kahiriyah Delitua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22556–22561. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10138.

Oktari, R. (2023). Dampak konten youtube terhadap perkembangan bahasa anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 528–537. doi: https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19387

Paturrahman, A., Puspita, D., & Noviyanti, S. (2024). Analisis perkembangan bahasa dan pemerolehan bahasa pada anak. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research 4(1):11200–11210. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.9193.

Pramadita, T., Anggraini, F. W., & Jalaludin, A. A. (2023). Pemerolehan bahasa anak (studi kasus bahasa pertama anak). MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 338–350. doi: https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i2.677

Prawinda, R. A., Rachmah, L. L., Farantika, D., & D. C. Nindiya. (2022). Analisis hubungan penerapan metode bernyanyi pada perkembangan bahasa anak di paud al hidayah tanggung. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(4), 606–16. doi: https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i4.631.

Priyanti, N. M. I., & Nurhayati. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media youtube untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 96–101. doi: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2698.

Ramadhani, A., Adawiyah, W. A., Julia, R., & Noviyanti, S. (2023). Perkembangan serta alat-alat tubuh yang berperan dalam pemerolehan bahasa anak usia 7 tahun.” INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(5), 2004–2015. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5071.

Saputra, A. R. I. S., Nuh, I. A., Haq, F. H. R., & Marjuki, A. P. (2023). Efektifitas youtube sebagai media pembelajaran online. Jurnal Literasi Digital, 3(1), 1–11. doi: 10.54065/jld.3.1.2023.287.

Supriatna, A., Kuswandi, A., Ariffianto, M. A., Suryadipraja, R. P., & Taryana, T. (2022). Upaya melatih kemampuan berbicara anak usia dini melalui metode bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37–44. doi: 10.57171/jt.v3i1.310.

Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 72–81. doi: 10.37985/joecher.v1i2.11.

Tajiah, J., & Asri, C. (2020). Meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini dengan metode bernyanyi pada kelompok A DI TK AL- Muawanah. Jurnal Ceria (CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF), 3(5), 481–87. doi: https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p.

Yus, A., & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh Penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509–17. doi: 10.31004/obsesi.v7i2.3186.

Zakaria, U., & Daud, R. K. (2023). Peran lingkungan keluarga dalam pemerolehan bahasa pertama pada anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 104–10. doi: https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v4i1.150.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2373

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: