DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP BUDAYA

Rian Ismi Wardana, Siti Fatimah, Azmi Fitrisia

Abstrak


Evolusi metode komunikasi secara intrinsik terkait dengan pembentukan wacana publik. Setelah digunakan untuk tugas-tugas sederhana seperti menulis, membuat gambar dan foto, dan menyimpan data dalam jumlah yang mencengangkan, komputer telah berkembang menjadi instrumen yang kuat untuk komunikasi global berkat jaringan yang fleksibel dan luas. Sebagai hasil dari kemajuan teknis, internet tidak hanya menjadi sarana untuk belajar tentang praktik budaya orang-orang di belahan dunia lain, tetapi juga media di mana praktik semacam itu dapat diekspresikan. Budaya Indonesia, yang merupakan hasil dari penyatuan banyak budaya nasional yang berbeda, telah berkembang melalui pertukaran dan asimilasi selama berabad-abad. Yang memicu banyaknya perubahan dan pergeseran gaya hidup adalah tergesernya kearifan lokal dalam kerangka tradisi dan budaya yang lebih luas, karena masyarakat beralih dari mengandalkan kontak langsung ke media. Peranan pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan dalam proses modernisasi. Kecanggihan dalam bidang teknologi dapat mengubah pola hidup masyarakat. Makin tinggi tingkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki masyarakat, makin modernlah kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Modernisasi mencakup perubahan mental perilaku, pengetahuan, struktur keterampilan masyarakat sesuai dengan tuntutan kehidupan masa kini. Sebagai anggota masyarakat kita arus mampu menekan risiko semaksimal mungkin dampak negative dari proses modernisasi. Agar nanti terlahir manusia-manusia yang tidak hanya cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas juga mempunyai watak dan akhlak yang baik yang selalu beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa.

Kata kunci: Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Budaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. A. (2013). Agama, Ilmu dan Budaya: Paradigma Integrasi-Interkoneksi Keilmuan. Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, 1–43.

Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, dan Sosiologi. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(1), 181–202. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V4I1.167

Achruh, A. (2018). Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Landasan Sosial Budaya. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4930

Alfadhil, D. M., Anugrah, A., & Alfidhin Hasbar, M. H. (2021). Budaya Westernisasi Terhadap Masyarakat. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.37

Azizah, W. N., & Dewi, D. A. (2022). Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dapat Mempengaruhi Gaya Anak Muda dan Etika Pancasila Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1426–1431.

Habibah, S. (2017). Implikasi Filsafat Ilmu terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 166–180. https://doi.org/10.52166/DAR

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Kebingin, B. Y., & Martasudjita, M. (2023). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Keberperanan Perempuan Lamaholot dan Budaya Patriarkat. Journal of Education Research, 4(3), 1457–1467. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.450

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Liliweri, A. (2018). Pengantar Studi Kebudayaan. Penerbit Nusa Media.

Liliweri, A. (2019). Konfigurasi Dasar Teori-Teori Komunikasi Antar Budaya. Penerbit Nusa Media.

Liliweri, A., Nara, M. Y., & Swan, M. V. D. P. (2022). Gegar Budaya di Era New Normal. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(2), 193–205. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i2.6647

Liliweri, A. (2021). Komunikasi Antar Budaya: Memahami Pendekatan Orientasi Budaya. Nusamedia.

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188–194. https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2389

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109.

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Sofiani, N., & Frinaldi, A. (2023). Dampak Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Budaya. Menara Ilmu, 17(2), 15–22. https://doi.org/10.31869/mi.v17i2.4577

Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 12(1), 31–42. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i1.1385

Tamrin, A. (2019). Relasi Ilmu, Filsafat dan Agama Dalam Dimensi Filsafat Ilmu. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 6(1), 71–96. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10490

Wahyudi, M. (2016). Konstruksi Integralitas Ilmu, Teknologi dan Kebudayaan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 114–129. https://doi.org/10.54180/ELBANAT.2016.6.2.114-129

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: