PENGGUNAAN STRATEGI MULTIPLE READING DALAM INSTRUKSI PEMAHAMAN MEMBACA BERDASARKAN ANALISIS MULTIMODAL DAN KONVENSIONAL
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki perspektif siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pidie tentang bagaimana kelas keterampilan membaca bahasa Inggris diajarkan oleh seorang guru menggunakan pendekatan pengajaran tradisional dengan pendekatan pengajaran multimodal, serta untuk mendapatkan pemahaman tentang apa yang telah dialami guru sebagai hasil dari menggunakan salah satu dari dua pendekatan pengajaran ini. Data untuk penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kombinasi pendekatan, termasuk survei kuesioner dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa tidak nyaman saat belajar membaca bahasa Inggris menggunakan metode pembelajaran konvensional, namun mereka lebih terlibat dalam proses ketika disajikan dalam format multimodal. penggunaan metode multimodal untuk mengajar membaca bahasa Inggris sebagai hasil dari siswa yang memiliki tingkat motivasi yang lebih tinggi. Siswa yang memiliki tingkat keterampilan membaca yang lebih rendah sering menyukai metode pengajaran bahasa Inggris yang lebih konvensional. Di sisi lain, individu dengan kemampuan membaca yang lebih tinggi mengatakan bahwa metode tersebut tidak menarik, dan mereka mengantisipasi bahwa instruktur akan secara aktif mendidik menggunakan berbagai sumber pengajaran karena bahan tersebut dapat sangat membantu dan meningkatkan prestasi belajar mereka.
Kata Kunci : Kemampuan membaca, pengajaran membaca bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, metode multimodal, pendekatan konvensionalTeks Lengkap:
PDFReferensi
Archer, A. (2006). A multimodal approach to academic "literacies": Problematising the visual/verbal divide. Language and Education, 20(6), 449-462. doi:10.2167/le677.0
Ashman, G. (2016). 8 reasons to ditch traditional teaching methods. Retrieved from https://gregashman.wordpress.com/2016/08/05/8-reasons-to-ditch-traditional- teaching-methods/
Bahareh, B., & Narjes, G. (2015). The impact of multimodal texts on reading achievement: A study of Iranian secondary school learners. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 4(4), 161-170. doi:10.7575/aiac.ijalel.v.4n.4p.161
Bao, X. (2017). Application of multimodality to teaching reading. English Language and Literature Studies, 7(3), 78-84. doi:10.5539/ells.v7n3p78
Boumova, V. (2008). Traditional vs. modern teaching methods: Advantages and disadvantages of each. (Master's thesis), Masaryk University, Czech Republic.
Chandavimol, M. (1998). Reading comprehension: An active engagement or a passive experience? PASAA, 28(December), 31-42.
Chen, G., & Fu, X. (2003). Effects of multimodal information on learning performance and judgement of learning. Journal of Educational Computing Research, 29(3), 349-362. doi:10.2190/J54F-B24D-THN7-H9PH
Creswell, J. W. (2015). A concise introduction to mixed methods research. Los Angeles: SAGE.
Crystal, D. (2003). English as a global language. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
Ganapathy, M. (2016). The effects of using multimodal approaches in meaning-making of 21st century literacy texts among ESL students in a private school in Malaysia. Advances in Language and Literary Studies, 7(2), 143-155. doi:10.7575/aiac.alls.v.7n.2p.143
Homtaintong, J. (2016, April 6). Mayakati "Kon Thai Arn Nungsua Noy"perd ngan wijai sib pee yon lung mai pob khor moon "Arn Khae Pee La Paed Buntud". Thaipublica. Retrieved from https://thaipublica.org/2016/04/print-10/#
Jewitt, C. (2014). The routledge handbook of multimodal analysis. New York: Routledge. Lauer, C. (2009). Contending with terms: "Multimodal and Multimedia" in the academic and public spheres. Computer and Composition, 26(4), 255-239. doi: 10.1016/j.compcom.2009.09.001
Lee, H.-C. (2014). Using an arts-integrated multimodal approach to promote English learning: A case study of two Taiwanese junior college students. English Teaching: Practice and Critique, 13(2), 55-75.
Li, Y. W. (2016). Transforming conventional teaching classroom to learner-centred teaching classroom using multimedia-mediated learning module. International Journal of Information and Education Technology, 6(2), 105-112. doi:10.7763/ijiet.2016.v6.667
Lirola, M. M. (2016). The importance of promoting multimodal teaching in the foreign language classroom for the acquisition of social competences: Practical examples. Language Learning And Teaching, 3(Special), 77-88. doi:10.21071/ij21ce.v3iSpecial.5709
Malini, G., & Saundravalli, A. P. S. (2016). The effects of using multimodal approaches in meaning-making of 21st century literacy texts among ESL students in a private school in Malaysia. Advances in Language and Literary Studies, 7(2), 143-155. doi:10.7575/aiac.alls.v.7n.2p.143
Martinec, R., & Salway, A. (2005). A system for image-text relations in new (and old) media. Visual Communication, 4(3), 337-371. doi:10.1177/1470357205055928
Mills, K. A., & Unsworth, L. (2017). Multimodal literacy. In George W. Noblit (Ed.), Oxford Research Encyclopedia of Education. Retrieved from https://oxfordre.com/education/view/10.1093/acrefore/9780190264093.001.0001/acre fore-9780190264093-e-232
Nita, R., & Ridha, I. (2017). Teaching reading comprehension by using K.W.L graphic organizer technique to the eighth grade students of junior high school of Bina Jaya Palembang. English Community Journal, 1(2), 101-108.
Perez, M. C. C., Manalo, R. J. C., Dematoque, L. L. L., Esteban, L. D., Buajaroen, H., & Portangtam, D. (2018). Enhancing the reading comprehension skills by using the reading strategies instruction approach for first year nursing program students. Paper presented at the The 10th NPRU National Academic Conference, Nakhon Pathom Rajabhat University, Thailand. https://publication.npru.ac.th/jspui/handle/123456789/132
Royce, T. (2007). Intersemiotic complementarity: A framework for multimodal discourse analysis. In T. Royce & W. Bowcher (Eds.), New Directions in the Analysis of Multimodal Discourse, Mahwah (pp. 63-109). New York: Routledge.
Soonthornmanee, R. (2002). The effect of the reciprocal teaching approach on the reading comprehension of EFL students. RELC Journal, 33(2), 125-141. doi:10.1177/003368820203300206
Yimwilai, S., & Phusri, N. (2015). The effectiveness of a multimodal approach in improving English reading abilities of EFL students. Western Languages, 10(2), 300-332.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.2143
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: