SUATU PENGUKURAN GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KOTA SIGLI TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Suatu Pengukuran Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Kota Sigli”. Tujuannya untuk mengetahui berada pada posisi mana atau kategori kemampuan gerak dasar lokomotor para siswa SD Negeri 3 Kota Sigli pada tahun pelajaran 2022-2023. Pengukuran untuk memperoleh data seperti tes berjalan, berlari, melompat dan berguling ke depan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data melalui tes gerak dasar. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Kota Sigli yang berjumlah 42 siswa (total sampel). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Berdasarkan hasil tes kemampuan gerak dasar siswa SD Negeri 3 Sigli diperoleh pada kelas “sangat baik” sebanyak 22 orang (52,38%), kelas “baik” sebanyak 16 orang (38,09%), rata-rata siswa kelas 3. (7,19%) dan 1 orang dalam kategori “kurang” (2,38%), sehingga hipotesis “mobilitas siswa SD Negeri 3 Kota Sigli berada dalam kategori “kurang baik” atau ditolak dalam arti hipotesisnya adalah dinyatakan untuk "ditolak".
Kata Kunci: Kemampuan, Gerak Dasar Lokomotor
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aip Syarifuddin dan Muhadi. (2016). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud.
Amirzan, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa SD Kelas V. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(1), 85. https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i1.7843
Amung Ma’mun, Yudha. M. Saputra. (2012). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikn dan Kebudayaan.
Arikunto, S. (2018). Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud
Griffin, Oslin. (2013). Teaching Games for Understanding. USA: Human Kinetics.
Ikee dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo Pendidikan Jasmani, Volume 26, Nomor 02, Tahun 2016
Johor.Zainul. (2019). Pengaruh Metode Dan Kemampuan Motorik Terhadap Keterampilan Jurus Tunggal Pencak Silat. Jurnal Menssana Vol 4 No.1: 76-89.
Lumintuarso, R. (2013). Peralatan Olahraga Anak (POA) untuk Pengembangan Multilateral. Yogyakarta: UNY Press.
Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT . Remaja Rosdakarya. Bandung.
Ria Lumintuarso. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula. Yogyakarta: UNY Press.
Samsudin. 2010. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif R&D. Bandung:AlfabetaSugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara. (2006)
Victor, H. (2013). Haemotology at a glance (Edisi 2). Penerjemah: H. Hartanto. Jakarta: Erlangga
Yusdi Milmal. (2011). Pengertian Kemampuan gerak dasar . Journal Internet
https://www.google.com/search?q=pengukuran+adalah&rlz=1C1CHBD_idID995ID995&oq=pengukura&aqs=chrome.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kemampuan
https://www.gramedia.com/best-seller/gerakan lokomotor/#Pengertian_Gerak_Lokomotor
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/download/10015/6568/
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1763
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: