PENERAPAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Junaidi, Taufiq

Abstrak


Untuk dapat mencapai tingkat ketuntasan siswa SMP Negeri 1 Simpang Tiga, guru perlu memperhatikan model yang digunakan dalam mengajar. Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) dipilih menentukan tingkat keberhasilan siswa yaitu kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan pembelajaran pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mereka saling mendiskusikan masalah-masalah dengan teman-temannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 116 siswa dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan X-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes sedangkan teknik pengolahan dan analisis data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan uraian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil pengolahan data Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Kata Kunci: Model Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Berpikir Kritis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A, Cece. Wijaya. 2010. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda karya.

Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Ari Suningsih, 2015. Pembelajaran Garis Lurus dengan MEAs dan TAI Ditinjau dari Gaya Kognitif”. Jurnal e-DuMath, 1:1.

Ennis. 2013. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hendra Surya, 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Kompas. Media.

Jensen, T. & Sandström, J. 2011, “Stakeholder Theory and Globalization: The Challenges of Power and Responsibility”. Article (PDF Available) in Organization.

Santrock, 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Selemba Empat.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta :Raja Grafindo Persada.

Wina Sanjaya, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prena.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: