UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SMA N 1 INDRAJAYA

Mariati Mariati, Ilyas Ilyas, Lia Ulfa

Abstrak


Pemecahan masalah adalah upaya mancari jalan keluar dari suatu masalah yang dihadapi oleh siswa.  Ada beberapa  faktor  yang  mempengaruhi kesulitan penyelesaian masalah siswa, antara lain pemahaman yang lemah tentang prinsip dan aturan fisika, kekurangan dalam memahami soal, dan tidak cukup motivasi dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Fisika di SMA Negeri 1 Indrajaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.  Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data bahwa nilai rata-rata prestest pada kelompok eksperimen sebesar 40,91 dan nilai rata-rata postest  sebesar 86,36 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar atau N-Gain sebesar 75,52% dengan kategori tinggi.   Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 46,00 dan nilai rata-rata postest  sebesar 70,50 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar atau N-Gain sebesar 44,79% dengan kategori sedang. Ketuntasan klasikal pada pretest kelompok kontrol sebesar 4,54% dan kelompok eksperimen sebesar 0%,  ketuntasan klasikal pada posttest kelompok kontrol sebesar 55,00% dan kelompok eksperimen sebesar 90,91%. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 6,498 lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (n1+n2-2,  0,05)  = 2,021, yang berarti penerapan model pembelajaraan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indrajaya pada materi suhu dan kalor.

Kata Kunci : Kemampuan Menyelesaikan Soal, Problem Solving


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Azizah, Rismatul, Lia Yuliati dan Any Latifah. 2015. Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya Vol.5 No.2.

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Destianingsih, Emi, Abidin Pasaribu, dan Ismet. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. ISSN: 2355-7109.

Gulo, W. 2014. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1636

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: