Pengaruh Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika terhadap Kemampuan Praktikum pada Materi Gaya Lorentz
Abstrak
Tujuan dan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan fisika terhadap kemampuan hasil praktikum pada materi Gaya Lorentz. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas B pendidikan fisika angkatan 2022 Universitas Jember yang terdiri dari 41 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dan juga tes tulis dalam pengumpulan data. Tes kuesioner terdiri dari 5 butir soal dengan 3 indikator, variabel dalam penelitian ini terdiri dari minat terhadap sains teknologi, keterbacaan, dan penguasaan konsep sains. Pengujian data menggunakan metode analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa hipotesis H1 diterima H0 ditolak yang menunjukkan adanya signifikan yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa dengan kemampuan hasil praktikum pada materi gaya lorentz. Nilai signifikan dibuktikan dengan hasil uji regresi sederhana 0.486, nilai deviasi 0.349, dan nilai korelasi 0.751 yang ketiganya memiliki nilai > 0.05.
Kata kunci: Literasi Sains, Hasil Praktikum, Fisika
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dewi, K., Andari, W., Alrinda, D., & Febriani, N. (2020). Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar The Effect Of Scientific Learning on Elementary School Students ’ Literacy Skills. BJBE : Borneo Journal Of Biology Education, 2(2), 101–112.
Kusumastuti, R. P., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 254–261.
Rahmawati, A. R., Sarwi, S., & Darsono, T. (2019). Unnes Physics Education Journal Penyusunan Bahan Ajar IPA Fisika sebagai Upaya Peningkatan Literasi Sains Peserta. Unnes Physics Education, 8(2).
Sianipar, L., Sunaryo, S., & Astra, I. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Pengembangan Alat Peraga Gaya Lorentz [Improving Students’ Cognitive Learning Outcomes Through Development of Lorentz Force Tools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 252. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2390
Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166.https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Youllanda, W., Medriati, R., & Swistoro, E. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 191–198. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.191-198
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1554
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: