ANALISIS KORELASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN PERMASALAHAN KONSEP ENERGI TERBARUKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Sisilia Nur Hikmah Anggraeni, Vivi Sholehatennafiah, Nurul Yunda Nanik Purwanti, Emma Berliana Pujiningtyas, Dina Mahartika, Sudarti Sudarti, Subiki Subiki

Abstrak


Literasi sains kemampuan menggunakan pengetahuan sains untuk mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah dengan menyimpulkan berdasarkan bukti-bukti ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains dan kemampuan memecahkan permasalahan sains mahasiswa Pendidikan fisika pada konsep energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi menggunakan kuisioner berupa google form yang disana nantinya akan mengetahui hubungan kedua variabel yang dibuktikan dengan aplikasi SPSS dan penelitian secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa antara kemampuan literasi sains (X) terhadap kemampuan memecahkan masalah (Y) terdapat hubungan yang positif dengan tingkat korelasi sempurna. Hal tersebut tampak pada nilai koefisien korelasi Pearson di atas adalah 0,847 dimana nilai korelasinya bernilai positif sehingga hubungan antara Literasi Sains terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah tentang Energi Terbarukan. Temuan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi sejauh mana literasi sains tentang energi terbarukan yang sudah diterapkan oleh mahasiswa pendidikan Fisika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alatas, F., & Fauziah, L. 2020. Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102-113

Azzahra, A., Sunaryo., dan E. Budi. 2022. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Menggunakan Program Lectora Inspire Pada Materi Sumber Energi Terbarukan Kelas XII SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2022. Volume X: Januari 2022. Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta: 73-80.

Fuadi, H., A.Z.Robbia., Jamaluddin., dan A.W.Jufri. 2020.Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

Hasasiyah, S.H., B.A. Hutomo., B. Subali., dan P. Marwoto. 2020.Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6(1): 5-9

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. 2023. Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 42-57.

Irwan, A. P., Usman., dan B. D. Amin. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Sains Pesrta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di Sman 2 Bulukumba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). 15(3): 17-24.

Mahartika, D., Sudarti, dan Yushardi.2022. Analisis Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Fisika tentang Energi Angin Sebagai Energi Alternatif Pembangkit Listrik. Jurnal Sains dan Teknologi. 5(2): 362-370

Martinah, A. A., Mubarok, V., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. 2021. Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 192-218.

Mukharomah, F., Wiyanto., dan N. M. D. Putra. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa Sma Pada Materi Kinematika Gerak Lurus di Masa Pandemi Covid-19. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. 6(1): 11-21.

Nuraini, L., Supeno., Sudarti., S. Astutik., S. N. M. Royani. 2022. Analisis Kemampuan Penguasaan Konsep IPA Terpadu dan Kepedulian Lingkungan Mahasiswa Melalui Penggunaan Bahan Ajar Pengolahan Tebu Sebagai Energi Terbarukan. Jurnal Kumparan Fisika. 5(1): 15-22.

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. 2019. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 1(3), 280-286.

Pratiwi, F. Y. N., & Kurniawan, K. 2021. Penalaran moral dan perilaku menyontek: Deskripsi tingkatan serta korelasinya pada siswa. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 88-97.

Ridwan, M., Yuliani, H., & Syar, N. I. 2021. Pengembangan Prototipe Kincir Angin Savonius Menggunakan Bilah Baling Sel Surya Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 242-260.

Sari, P. E., I. Koto., dan I. Sakti. 2019. Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Kumparan Fisika. 2(1): 49-56.

Shidik,A,M. 2020.Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Man Baraka. Jurnal Kumparan Fisika. 3 (2): 91-98

Tambun, N., Mustika, D., & Lubis, N. A. 2023. RANCANG ALAT KONVERTER ENERGI PANAS MENJADI ENERGI LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN THERMOELEKTRIK SEDERHANA. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 11-23.

Wahyuningsih, E. T., A. Purwanto., dan R. Medriati. 2021. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika. 4(2): 77-84.

Wardhana, A. R., & Marifatullah, W. H. 2020. Transisi Indonesia Menuju Energi Terbarukan. Tashwirul Afkar, 39(2):269-283

Zahara, D., & Afnita, A. 2020. Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 83-92.

Zikra, F. A., Asri, Y., & Tamsin, A. C. 2018. Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 55-61




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1514

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: