UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 BANDUNG
Abstrak
Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Bandung menjadi subjek dalam penelitian ini. Adapun metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil studi meliputi dua siklus: (1) Dengan menggunakan model problem based learning, siklus I menghasilkan tiga orang siswa menerima predikat sangat tinggi sebesar 10%, sebelas orang siswa menerima predikat tinggi sebesar 36,67%, sepuluh orang siswa menerima predikat sedang sebesar 33,33%, dan enam orang siswa menerima predikat rendah sebesar 20%, (2) Siklus kedua memperbaiki kelemahan dan kekurangan siklus pertama, pada tahap ini siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang sangat baik sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 30%, 16 orang siswa berkategori tinggi dengan persentase 53,33%, 3 orang siswa dengan predikat sedang atau dengan persentase 10%, dan 2 orang dengan persentase kurang yaitu 6,67%. Berdasarkan ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Association of American Colleges and Universities. (2005). Liberal education outcomes: A preliminary report on student achievement in college. Washington, DC: AAC&U.
Australian Council for Educational Research. (2002). Graduate skills assessment: Stage one validity study. Australia: Department of Education, Science and Training.
Darmono, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Saintifik dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas 4 SD Tunggulsari Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW).
Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2012). An evaluation of argument mapping as a method of enhancing critical thinking performance in e-learning environments. Metacognition and Learning, 7(3), 219–244. https://doi.org/10.1007/s11409-012-9092-1
Johnson, Elaine B. (2010). Cotextual Teaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Muhammad, Samadya Liyanto (2020). Pengaruh Metode Problem Based Learning dan Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dimoderasi Oleh Motivasi Belajar. Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
P21. (2002). 1st Century, 1–7.
Pacific Policy Research Center. (2010). 21 St Century Skills For Students And Teachers. Research & Evaluation, (August), 1–25. Retrieved From Www.Ksbe.Edu/Spi
Paul, R., & Elder, L. (2008). Critical Thinking: Strategies for Improving Student Learning, Part II. Journal of Developmental Education, 32(2), 34–35.
Saiful Prayogi Dan Muhammad Asy’ari Jurnal Prisma Sains Vol. 1 No. 1 Juni 2013
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suparman (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahapeserta Didik Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Jurnal JPTK (Vol 22, Nomor 1 Mei 2014).
Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisi 1 Mei 2015, 6.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Thompson, E., Butters, R. B., & Asarta, C. J. 2011. The Gender Question in Economics: Is it Teacher or is it the Test? Innovation. Vol 9.
Trianto, M. P. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Voogt, J., Pareja, N., & Roblin, N. P. (2010). 21st Century Skills , Education & Competitiveness.
Yohana Wuri Satwika, Hermien Laksmiwati dan Riza Noviana Khoirunnisa Jurnal Pendidikan Teori dan Praktik Vol. 3 No. 1 2018.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1500
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: