UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING

Dias Widiawati, Septiyati Purwandari, Dian Anggraeni Maharbid

Abstrak


 

Penelitian ini didasarkan pada hasil evaluasi dan penilaian pada siswa Kelas IV SDN Geneng I mengenai pembelajaran materi luas bangun datar menunjukkan hasil belajar yang masih rendah, terdapat banyak siswa dengan predikat dibawah standar kriteria kelulusan minimal. Metode ceramah yang konvensional sudah tidak relevan dan ini menyebabkan siswa berkurang rasa antusiasmenya terhadap kegiatan belajar mengajar. Metode penelitiannya adalah metode penelitian berbasis tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Geneng 1 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Geneng 1 diruang kelas IV semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan luas bangun datar di kelas IV SDN Geneng 1. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan dari prosentase ketuntasan 22% pada tahap pra siklus menjadi 69% pada siklus 1 dengan peningkatan prosentase sebesar 47%, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan prosentase sebanyak 22% yaitu dari 69% menjadi 91%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Bangun Datar, Snowball Throwing 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, S. (2021). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Astutik, Y., & Muzammil, L. (2021). Hasil Belajar Snowball Throwing dan Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 128- 134.

Felicia, N. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang: Universitas Terbuka.

Hidayani, B. N. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Skala dan Perbandingan Melalui Pembelajaran Snowball Throwing di SD Negeri Mataram. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pembebangan Pendidikan, 186-199.

Husen, M. Y. (2020). Belajar Aktual dengan Snowball Throwing. Jawa Barat: CV Jejak.

Kuswono. (2017). Belajar dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Pramono, R., Herawaty, D., & Fachruddin, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(eISSN 2581-253X), 81-86.

Putra, R., & Firman. (2019). Model Pembelajaran Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Padang.

Ritonga, N., Safitri, R., & Ritonga, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Pendiidkan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SDN No 100204 Sihopur Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 37- 44.

Setyawan, S., Susilowati , D., & Wulandari, A. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Koorperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Matematika. ABSIS (Mathematics Edocation Jurnal).

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Wardani, A., & Wihardit, K. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbu




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1492

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: