PERLINDUNGAN HUKUM PEMASARAN DIGITAL BERBASIS GOOGLE MAPS & E-COMMERCE USAHA CAPTAIN CHICKEN CRISPY KEC. MEDAN TEMBUNG
Abstrak
Tujuan penelitian ini guna mengetahui respon pelaku UMKM terhadap pemasaran digital dan mengetahui kendala pelaku usaha Captain Chicken Crispy tidak menggunakan pemasaran secara digital. UU Cipta Kerja mendorong penguatan ekosistem UMKM dan e-commerce untuk mempromosikan usaha dagang dengan lebih mudah, praktis, dan terkini. Metode penelitian ini yaitu observasi dan wawancara terhadap pelaku Captain Chicken Crispy Kec. Medan Tembung, serta studi studi literatur. Hasil penelitian membuktikan, masih ada UMKM yang tidak menggunakan pemasaran digital pada usahanya, dikarenakan pegawai belum terampil dalam menggunakan e-commerce khususnya Google Maps untuk menemukan titik lokasi usaha untuk didaftarkan. Sehingga, penulis menyarankan untuk segera mendaftarkan lokasi usahanya dengan memperoleh sumber dari berbagai sumber misalnya Youtube sebagai tutorial mendaftar lokasi di platform Google Maps demi pengembangan usaha.
Kata kunci: UMKM, Perlindungan hukum, pemasaran digital, e-commerce
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Sutikno, Adhy, S., & Endah, S. N. (2016). Penerapan E-Commerence untuk Meningkatkan dan Memperluas Pemasaran di UMKM (Studi Kasus di UMKM Pengrajin Tahu Putih dan Telur Asin di Kabupaten Klaten). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 23(40), 1–15.
Satriadi, Masrianto, D., Afrizon, D., Gutryanda, H., Mulyani, S., & Lukita, F. (2021). Mengetahui Dampak Penerapan. 5(1), 190–198.
Promosi, P., Umkm, P., & Muneng, D. (2022). Implementation of E-Commerce Application As an. 2(2), 8–14.
Suminten, S., Sintawati, I. D., & Rani, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Air Minum Berbasis Google Maps. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 5(5), 775–781.
Lestari, A. S., Wahyuningsih, N., Maharani, N., Sanjaya, L., Putra, A. P., & Khomariah, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 887(3), 2022.
Purboyo, P., Alfisah, E., Yulianti, F., Zulfikar, R., Lamsah, L., & Maulida, N. (2022). Penguatan Ekonomi Masyarakat: Sosialisasi Budidaya Madu Trigona Dan Pemberian Bantuan Sarang Budidaya. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 778–785.
Cahya, B. T., Widyarani, E., Rohmah, F., & Islamiah, M. H. (2022). Urgensi E-Marketing Berbasis Google Maps pada Keberlangsungan Usaha Entrepreneur Muslim (Studi pada Kabupaten Demak). Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(1), 126. i1.12328
Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. 2016. Manajemen Pemasaran” Cetakan kelima. Jakarta: Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
Diana, L., Hannanda, J., Feni, Y., Widargo, S. A., Imelliya, R., Permatasari, S. A., Maulidifa, N. A., Amalia, T. D., Racha, A., Chofit, A.,
Prawiro, M., Azizi, H., & Arisky, M. F. (2022). Implementasi E-commerce Shopee Sebagai Upaya Penerapan Digital Marketing Produk UMKM. 2(1), 454–462.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1480
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: