Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Program Linear

Deyvita Tanor, James U.L. Mangobi, Vivian E. Regar

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui keefektifan penggunaan Problem Based Learning(PBL) dalam pembelajaran materi program linier.Penelitian ini terdiri dari empat indikator keefektivan pembelajarn, yaitu Hasil belajar siswa, respon siswa pada pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, dan kemampuan guru dalam memantau pembelajaran. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan diSMA Negeri 1 Motoling pada smester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian adalah 29 siswa kelas XI MIPA 3. Teknik akuisis data yang digunakan yaitu Teknik tes, observasi atau pengamatan, serta analisis data. DariHasil penelitian menyimpulkan penggunaan model Problem Based Learning(PBL) dalam pembelajaran materi program linier dinilai efektif. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya empat indikator keefektifan penggunaan model pembelajaran, yaitu: (1) Hasil belajar siswa materi program linear dikategorikan tuntas secara klasikal (2) balasan siswa mengenai pembelajaran positif. (3) kegiatan siswa dalam pembelajarn dinilai baik. (4) Kemampuan belajar guru dalam mengelolah pembelajaran dinilai sangat baik.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1433

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: