INOVASI SEKTOR PUBLIK SAMSAT KELILING UNTUK MASYARAKAT PEGUNUNGAN DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengenali aspek pendukung serta penghambat implementasi inovasi wilayah bilik informasi samsat probolinggo terhadap tingkatan sadar pajak warga. Minimnya pemahaman warga terhadap wajib pajak selaku pemilik kendaraan bermotor yang membuat pelayanan samsat menjadi tidak efisien serta efektif. Oleh sebab itu aparatur pemerintahan membuat inovasi baru untuk memfasilitasi kebutuhan warga pegunungan atau pedesaan dalam pelayanan pembayaran wajib pajak dengan staff dari samsat Kabupaten Probolinggo mendatangi lokasi pedesaan dan pegunungan rumah warga. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penulis mengumpulkan informasi dan data secara observasi langsung, dan melakukan wawancara pada narasumber. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diperoleh dikatakan sumber energi manusia ialah salah satu metode yang dicoba untuk meningkatkan minimnya pemahaman warga terhadap pembayaran pajak. Untuk mewujudkan inovasi baru tersebut perlu menggunakan sumber energi manusia yang handal dan dibutuhkan upaya untuk menaikkan kompetensi melalui pelatihan, kursus ataupun study banding.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bate’e, M. M. (2018). Analisis Sistem Pelaksanaan Penghitungan Pajak Atas Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Pajak Daerah Di Kantor Samsat Gunung Sitoli.
Laraswati, N. (2018). Inovasi Pelayanan Publik “SOGUN”(Samsat Orang Gunung) Di Kantor Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Skripsi. Malang. Universitas Brawijaya.
Megayani, N. K. M., & Noviari, N. (2021). Pengaruh Program E-SAMSAT, SAMSAT Keliling, dan Kepuasan Wajib Pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 1936.
Rohemah, R., Kompyurini, N., & Rahmawati, E. (2013). Analisis pengaruh implementasi layanan samsat keliling terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor roda dua di kabupaten pamekasan. InFestasi, 9(2), 137–146.
Suwastiti, G. S., Larasati, E., Sundarso, S., & Djumiarti, T. (2016). Inovasi Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Tegal (Studi Kasus Pada Pajak Kendaraan Bermotor). Journal of Public Policy and Management Review, 5(3), 41–50.
Veronica, S. A. N., Mubaroq, H., & Ningrat, D. Y. (2022). IMPLEMENTASI INOVASI DAERAH BIS PROLING (BILIK INFORMASI SAMSAT PROBOLINGGO) TERHADAP TINGKAT SADAR PAJAK MASYARAKAT (Studi pada Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo). JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL, 1(6), 393–410.
Witono, B. (2008). Peranan pengetahuan pajak pada kepatuhan wajib pajak.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1418
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: