Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Perbandingan Trigonometri

Eunike Priskila Lisade, James Uriel Livingstone Mangobi, Benidiktus Tanujaya

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi perbandingan trigonometri peserta didik yang di ajar menggunakan model Problem Based-Learning dan peserta didik yang di ajar menggunakan model Direct Instruction. Desain penelitian ini adalah Randomized Subjects Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tamako pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini di ambil 2 kelas yaitu kelas X 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal pada kedua kelas setelah diberi perlakuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik uji-t dan hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai     . Karena nilai  maka tolak . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar materi perbandingan trigonometri peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik kelas kontrol.

 

Kata kunci: perbandingan trigonometri, model Problem Based-Learning, model Direct Instruction.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: