Pengembangan Modul Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Model Discovery Learning

Oktafianti Kampongsipire, Victor R Sulangi, Sylvia J.A Sumarauw

Abstrak


Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran bangun ruang sisi datar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Remboken. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Modul yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Hasil penelitian yang diperoleh dari pengembangan modul pembelajaran bangun ruang sisi datar berdasarkan model discovery learning dinyatakan skor rata-rata validasi modul yaitu 4,56 oleh ahli materi dan 4,55 untuk ahli media yang memenuhi kategori sangat valid, diperoleh rata-rata tes hasil belajar siswa yaitu 80,90 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,91% dengan kategori sangat efektif, penilaian guru terhadap modul yaitu 4,6 dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa dengan kategori sangat positif. Modul pembelajaran ini telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan pada proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Modul Pembelajaran, Model Discovery Learning, Bangun Ruang Sisi Datar.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: