UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG

Yusniar Yusniar

Abstrak


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil pembelajaran materi teks eksplanasi siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong setelah dilakukan pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Ekplanasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Yang merupakan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran materi teks eksplanasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 73,2 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75 pada masing-masing siswa sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 87,06 dalam kategori baik. Hasil tes formatif yang dilaksanakan menunjukkan bahwa pada Siklus I dari 29 orang siswa, yang tuntas sebanyak 17 orang siswa atau 58,6% dan yang tidak tuntas ada 12 orang siswa atau 41,3%. Sedangkan pada Siklus II, ada 28 orang siswa atau 96,5% yang tuntas, dan 1 orang siswa atau 3,4% yang tidak tuntas. Perilaku siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong dalam pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning mengalami perubahan ke arah positif. Pada pembelajaran siklus I diketahui siswa belum aktif selama pembelajaran. Pada pembelajaran siklus II siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi serius dalam memperhatikan penjelasan guru sehingga siswa dapat mengerjakan soal dengan mudah.

Kata Kunci: hasil belajar, model Problem Based Learning


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto,Suharsimi.2007.Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Basori,Khabib,dkk.2009.Bahasa Indonesia kelas Semester Ganjil.Klaten: PT Intan Pariwara.

Borich, G.D. 1994. Observation Skill of Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Depdiknas.2003 Undang Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pmbelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Maggie Savin dan Claire. (2004). Foundation Of Problem Based Learning. New York: Great Britain

Moedjiono, dan Moh Dimiyati 1992/1993, Strategi Belajar-Mangajar Jakarta P2TK Ditjen DIKTI Depdikbud (*).

Konsorsium Program PJJ S1 PGSD. 2006. Bahan Ajar: Kapita Selekta Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Konsorsium Program PJJ S1 PGSD, SEAMOLEC, Depdiknas.

Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : PGSD FKIP UMS

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.1045

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: