SIKAP SEKOLAH BERBASIS TAHFIDZ TERHADAP KEBIJAKAN PENIADAAN UJIAN NASIONAL (UN) Studi Kasus pada Sekolah Tahfidz Cendekia Banda Aceh

Naria Fitriani, Sabarniati Sabarniati

Abstrak


Sejak ditiadakannya Ujian Nasional (UN) oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia beberapa waktu lalu, pro dan kontra tentu saja timbul. Berhubungan dengan isu tersebut, penelitian ini betujuan untuk menganalisa sikap sekolah khususnya yang berbasis tahfizh yang dianggap lebih memilih persiapan ilmu agama seperi hafalan al-Quran pada evaluasi akhir yang dipersiapkan di sekolah. Penelitian kualitatif ini memperoleh data dari wawancara pada para pimpinan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Cendekia yaitu ketua Yayasan dan Kepala Sekolah MI, Banda Aceh. Adapun hasil dari wawancara menunjukkan bahwa meskipun para siswa mengetahui bahwa UN sudah dihapus, pihak sekolah dan orang tua tetap mendukung persiapan evaluasi akhir seperti biasa. Hasil juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada persiapan evaluasi akhir untuk siswa kelas IV, baik mata pelajaran umum seperti matematika, sains, dan bahasa maupun mata pelajaran agama seperti tahfizh tetap seimbang diajarkan di kelas dan kelas tambahan sore. 

Kata kunci: kebijakan sekolah, penghapusan Ujian Nasional, persiapan evaluasi akhir.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasanah, S. (2020). Motivasi Orang Tua Memilih Sekolah Berbasis Tahfidz Qur’an. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kpolovie, P. (2016). Single-Subject Research Method : the Needed Simplification. British Journal of Education, 4.6(June): 68–95.

Morgan, D. L., & Morgan, R. K. (2001). Single-participant research design: Bringing science to managed care. American Psychologist, 56(2): 119–127. https://doi.org/10.1037/0003-066X.56.2.119

Rahmatunnisa, S., & Herviana, F. (2021). Hubungan Antara Kegiatan Outing Class Dengan Kemampuan Kognitif Materi Makhluk Hidup Di Sekolah Ramah Anak. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1): 12–25. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.613

Sari, A., Daulay, S., Putri, Y. Y., & Epriani, P. (2020). Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 Dalam Perspektif. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 213–220.

Syahid, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1): 87. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1389

Umj, Z. (1970). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2): 124–134. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.9

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2): 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.1024

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: