PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KREATIFITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KERUPUK MULIENG DI KOTA BEUREUNUEN

Eka Agustina, Darmi Darmi, Tuti Rahmah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan kreatifitas produk terhadap minat beli konsumen kerupuk mulieng di Kota Beureunuen. Untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen kerupuk mulieng di Kota Beureunuen. Dimana variabel independen yaitu Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kreatifitas Produk dan Minat Beli (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian produk kerupuk mulieng di Kota Beureunuen sebanyak 80 orang. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan 80 sampel yaitu konsumen yang melakukan pembelian produk kerupuk mulieng di Kota Beureunuen. Data yang dihimpun dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dan melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y =  1,353 + 0,191 X1 + 0,225 X2 + 0,217 X3+ 0,146 X4 + 0,224 X5. Hasil analisis berdasarkan uji t diketahui bahwa Variabel Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4) dan Kreatifitas Produk (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga (X2) mempunyai pengaruh paling dominan yaitu sebesar 0,225 atau 22,5 % minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) dan kreatifitas produk (X5) terhadap minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen dengan koefisien korelasi sebesar 0,993. Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Koefisien determinasi variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) dan kreatifitas produk (X5) sebesar 0,9862 = 0,937, ini berarti terdapat pengaruh terhadap minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen sebesar 93,7 %, sedangkan sisanya 6,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Kreatifitas Produk, Minat Beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2013. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, cet. 15. Jakarta : Rineka Cipta

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi. Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Lidyawatie. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Cetakan Ke-24. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.700

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.