PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KINEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIMODAL REPRESENTASI MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Hamdi Hamdi, Muchsin Muchsin, Muhammad Saiful

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar kinematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa guru dalam representasi multimodal fisika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dalam melakukan penelitian digunakan metode deskriptif dan evaluatif. Metode deskriptif digunakan pada tahap awal, yaitu mengumpulkan data tentang kondisi yang ada. Metode evaluatif, digunakan untuk mengevaluasi pengembangan pengujian bahan ajar. Bahan ajar dikembangkan melalui serangkaian uji coba, dan setiap uji coba diadakan kegiatan evaluasi, baik evaluasi maupun hasil proses evaluasi. Hipotesis dari penelitian ini adalah tingkat keterbacaan Bahan Ajar kinematika dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa guru fisika.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes, angket, observasi, wawancara dan pengarsipan hasil mata kuliah. Pengembangan Bahan Ajar Kinematika telah diuji untuk mengetahui tingkat keterbacaan sampel kecil dimana hasil 66,7%, dan sampel 75,3% kategori tinggi, kegrafikaan 79,75%, tingkat keterbacaan isi 89,5%. Penggunaan Bahan Ajar Kinematika dalam perkuliahan Studi Fisika Sekolah I dapat meningkatkan representasi verbal, gambar, dan grafik mahasiswa guru fisika pada kategori tes awal 99,4 dan tes akhir 50,7 N-Gain 0,55 dan kategori tinggi representasi matematis tes awal tes akhir tes 60,3 118,8 N-Gain 0,73. Berdasarkan hasil yang diperoleh penelitian ini telah berhasil mengembangkan bahan ajar kinematika mutimodal untuk meningkatkan kemampuan representasi (verbal, matematis,

Kata Kunci: Pembelajaran kinematika, kemampuan representasi multimodal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anstey, M & Bull, G 2006, Pengajaran dan Pembelajaran multiliteracies: Mengubah kali perubahan kemahiran International Reading Association, Newark, Delaware, (tersedia melalui Layanan Pendidikan Australia).

Arifin, Zainal, (2011) Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

BPTP. (2005). Penyusunan Naskah Bahan Ajar: Teori dan Praktik. Bandung:

Bull, G & Anstey, M 2010 a, pedagogies Berkembang, Membaca dan Menulis di M ultimodal Dunia , Pendidikan Layanan Australia, Melbourne.

............. 2010 b, 'Menggunakan Prinsip multiliteracies untuk menginformasikan Perubahan Pedagogical', Bab Delapan Cole, DR & Pullen, DL multiliteracies in Motion, hlm 141-159 Taylor dan Francis, London.

Coletta, V. P. et. al. (2007). Interpreting force concept inventory scores: Normalized gain And SAT scores.

Cheng, Hsiu-Hua; Yang, Heng-Li (2011) Student Team Projects in Information Systems Development: Measuring Collective Creative Efficacy : Australasian Journal of Educational Technology, v 27 2011, n6 p881-895

Cromer, A.H. (Penerjemah: Sumartono,P.) (1994). Fisika untuk Ilmu-ilmu Hayati. Jogjakarta: Gajah Mada University Press

Dahar R W, 1989. Teori-teori Belajardan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Ellington, H. Producing. 200.7 Paper-Based Teaching/Learning Materials. The Robert Gordon University

Fuad Ihsan. 1997. Dasar – dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Giancoli, D. C (2005). Physics: Principles with Applications. Sixth edition. London: Prentice Hall International, Inc.

Hayati, S. (2001). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Kehidupan dan Alam Pekerjaan. Bandung: Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia

Hamalik Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.

Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hamzah B. Uno. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Maman, Muhsin. 2004. Konsep dan Analisis Statistik. Semarang : UPT.UNNES

Press.

Mohammad Ali. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa

Muslim A Suhendi (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sekolah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 8 174-183

Linda Barclay. 2006. Multimodal Teaching: The Importance of Using Multiple Models

Nawawi, Hadari. 1995. Adminsitrasi Pendidikan. Jakarta : PT. Toko Gunung Agung.

Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito

Ridwan,(2010) Metode dan Teknik menyusun Proposal Penelitian: Untuk mahasiswa S-1, S-2, S-3, Bandung: ALFABETA.

Rustaman, N. (1995). Proposal Pengkajian dan Penilaian Buku Pelajaran IPA Biologi SLTP. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum-Depdikbud

Rusyana, Y. & Suherli. (2004). Pedoman Keterbacaan Buku Pelajaran SD. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas

Sadiman. 2004. Teknologi Informasi Dan Komunikasi : Erlangga

Santosa, S, 2004, Aplikasi Statistik Dengan Menggunakan SPSS, Jakarta: Erlangga.

Setiono (2010) Pembuatan Dan Uji Coba Data Logger Berbasis Mikrokontroler Atmega32 Untuk Monitoring Pergeseran Tanah, Himpunan Fisika Indonesia, Vol 10, No 2 .2010

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

..........., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2008),.85.

Suhadi, R. (1996). Analisis Bahasa Buku Paket SMA dari Segi Keterbacaan (Suatu Pendekatan Analisis Kalimat dan Uji Rumpang yang Dilakukan oleh Pembelajar Jurusan Fisika di SMA Negeri di Kotamadya Bandung. Disertasi Doktor. Tidak dipublikasikan. Bandung: PPs – IKIP




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.693

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.