IMPLEMENTASI PENERAPAN DISIPLIN DIMASA COVID 19 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE

Jafaruddin Jafaruddin, Indah Lestari

Abstrak


Penelitian yang berjudul “Inflementasi Penerapan Disiplin Dimasa Covid 19 Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar  Pada Siswa SMA Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie” Bertujuan uutuk mengetahui sejauh mana penerapan disiplin dan prokes yang diharuskan oleh pemerintah pada sekolah tersebut, dimana implemtasi kegiatan tersebut merupakan tanggungjawab bersama antara aparat pemerintah, dinas terkait, pimpinan sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan serta seluruh siswa, hal ini penting karena keberhasilan dalam mengajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tingkat kedisiplinan siswa, guru beserta pimpinan sekolah. Dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan penyebaran angket. dan studi dokumentasi. Teknik wawancara dan observasi merupakan teknik pengumpulan data primer, sedangkan studi dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data sekunder. Berdasarkan temuan dari hasil wawancara dan observasi ke lapangan penelitian serta penyebaran angket dan telah disisi olehpimpinan sekolah,para guru pendidikan jasmnai dan siswa pada SMA Negeri 1 Sigli, maka bahwa sistem atau pelaksanaan disiplin siswa selama mewabahnya covid 19 sedikit lebih ditekan karena terkait kekhawatiran merebaknya dengan cepat virus covid 19 di sekolah, akan tetapi adanya kelemahan sistem atau pelaksanaan pembelajaran di sekolah karena pembatasan sosial yang diprogramkan oleh pemerintah, namun masih dapat diatasi oleh para guru dengan model pembelajaran daring, sehingga proses belajar siswa dapat berjalan melalui sistem jarak jauh dengan menggunakan laptop atau gajet yang dimiliki oleh para siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan disiplin di sekolah tersebut masih dikategorikan dengan tingkat disiplin yang baik dalam menunjang program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus covid 19 yang begitu masif.

Kata Kunci : Implementasi Kedisiplinan, Prrestasi dan Covid 19


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirzan dkk. (2019) Pemahaman Guru PJOK Tentang Pengaruh Kesiapan Mental Terhadap pencapaian Prestasi Olahraga. Jurnal Physichal Education and Research State University of Medan Vol.3, PP. 98 – 104.

Dimyati, Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djojonegoro, Wardiman (2000) Meraih Mutu Dalam Dunia Pendidikan. Jakrta. Depdikbud.

FKIP, (2021).Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Universitas Jabal Ghafur Sigli

Kartini Kartono (2000) Kepemimpinan. Bandung. Rosdakarya.

Kepmendikbud No 719 P 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus

Moleong, L.J (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya

Nasir, Usman (2007) Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung Mutiara Ilmu

W.J.S. Purwadarminta (Digitalkan 2006) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka 1961 Iniversitas Michigan (cetak ulang)

Samana (2002) Frofesionalisasi Guru. Jakrta. Depdiknas

Sanafiah,Faisal (2008) Format-Format Penelitian Sosial, Penerbit Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sidibiyo Setyobroto, (2001). Mental Training, : Percetakan “Solo” . Jakarta

Sudjana (2002). Metode Statistika. Penerbit : Tarsito Bandung

Sugiyono, (2008) .Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Tudor O. Bompa dan G. Gregory Haff Periodezation Theory and methodology of training ( USA: Human Kinetict,1999)

https://www.jw.org/id/perpustakaan/buku/daftar-istilah-alkitab/disiplin/




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.676

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.