PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR DUA

Hery Saputra, Muhsin Muhsin

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Dua melalui penerapan model pembelajaran talking stick. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposif sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini diambil dari sebagian populasi yaitu kelas VII-5 dan kelas VII-6. Kelas VII-5sebanyak 32 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran talking stick, sedangkan kelas VII-6 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung>ttabel  yaitu 3,49>1,99, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi segitiga dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Dua.

Kata kunci:        Kemampuan komunikasi matematis, materi segitiga, model pembelajaran Talking Stick

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ansari, B.I. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMU melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi pada PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. ”Psikologi Belajar”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Manurung, H.2018. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Uapaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Kelas VII-2 SMP Negeri 3Kota Tebing Tinggi. School Education Journal Vol.8 No. 1. ISSN: 2407-4926

Ruseffendi, E.T, 2001. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Windra, Y. Jafar. L. Arapu. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol.8 No.3




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.648

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.