UJI EFEKTIVITAS PUPUK ORGANIK CAIR DAN JENIS MEDIA TANAM SECARA HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rappa L.)

Jamilah Jamilah, Karnilawati Karnilawati, Junaidar Junaidar

Abstrak


Penggunaan pupuk organik cair dan media tanam yang tepat merupakan faktor utama untuk menentukan keberhasilan budidaya tanaman secara hidroponik, sehingga nutrisi pada pupuk organik harus mengandung unsur makro dan unsur mikro yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan dapat diserap dengan baik oleh tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakchoy. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur Gle Gapui Sigli. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor yang diteliti yaitu pupuk organik cair (C) dan jenis media tanam (M). Faktor pupuk organik cair terdiri dari 3 taraf yaitu C1 = 50 ml/l air, C2 = 100 ml/l air, C3= 150 ml/l air dan faktor jenis media tanam terdiri dari 3 taraf yaitu M1 = arang sekam, M2 = sekam padi, M3 = arang sekam + sekam padi. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, lebar daun dan berat brangkasan basah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, lebar daun, dan berat brangkasan basah tetapi, berpengaruh sangat nyata pada pemberian media tanam terhadap semua parameter pengamatan. Terdapat interaksi antara pemberian pupuk organik cair dan media tanam terhadap lebar daun umur 15 HST, dengan perlakuan terbaik dijumpai pada kombinasi pupuk organik cair 150 ml/l air dan arang sekam.

Kata kunci : pupuk organik, media tanam, hidroponik, pakcoy


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahruddin, F. 2009. Budidaya caisimi (Brassica juncea L.) menggunakan ekstrak teh dan pemberian pupuk kascing.Program studi budidaya pertanian. Fakultas pertanian dan peternakan. Universitas sebelas maret. Surakarta.

Harlina N. 2003. Pemanfaatan pupuk majemuk sebagai sumber hara budidaya tanaman terung secara hidroponik. Skripsi. Fakultas IPB. Bogor.

Hartus, T. 2008. Berkebun hidroponik secara murah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Isdarmanto. 2009. Pengaruh macam pupuk organik dan kosentrasu pupuk daun terhadap pertumbuhan dan hasil cabai merah (Capsicum annum L.) dalam budidaya system Pot. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Istiqomah, N. and Fatimah, S. 2014. Pertumbuhan dan hasil jamur tiram pada berbagai komposisi media tanam. Jurnal Ziraa’ah. 39 (3), pp. 95-99.

Iswanto, H. 2002. Petunjuk perawatan anggrek. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Krisna. 2014. Respon pertumbuhan dan hasil tanaman jagung (Zea Mays L.) terhadap pemberian pupuk organik cair ampas nillam. Jurnal Unitas. Padang.

Lakitan, B. 2007. Dasar-dasar fisiologi tumbuhan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Lakitan, B. 2012. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. Rajawali Press. Jakarta.

Marsomo dan P. Sigit. 2001. Pupuk akar. Penebar Swadaya. Jakarta.

Perwitasari, B., Tripatmasarai, M. dan Wasonowati, C. 2012. Pengaruh media tanam dan nutrisi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica juncea L.) dengan system hidroponik. Jurnal Agrivigar. 5 (1), pp.14-25.

Polii, G.M.M. 2009. Respon produksi tanaman kangkong darat (Ipomea reptans Poir.) terhadap variasai waktu pemberian pupuk kotoran ayam. Jurnal Soil Enviroment, 7 (1),pp.1-5.

Prasetya, B., Kurniawan, S. and Febrianingsih, M. 2009. Pengaruh dosisi dan frekuensi pupuk cair terhadap serapan N dan pertumbuhan sawi (Brassica juncea L.) pada Entisol. Jurnal Agritek. 17 (5), pp.1022-1029.

Prihantoro, I. 2003. Pengaruh pemberian kultur campuran cendawan mikoriza albuskular terhadap pertumbuhan lamtoro pada media zeoilit dengan tingkat salinitas yang berbeda. Fakultas peternakan. Institute pertanian bogor. Bogor.

Rahmah, S., Yusran. And Husain. U. 2014. Sifat kimia tanah pada berbagai tipe penggunaan lahan di Desa Bobo Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Warta Rimba, 2 (1), pp.88-95.

Roidah, I.S. 2014. Pemanfaatn lahan dengan menggunakan system hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo. 7 (1), pp.43-50.

Rosliana, R dan N, Sumarni. 2005. Budidaya tanaman sayuran dengan system hidroponik. Jurnal Monografi No. 27. Balai Penelitian Tanaman Sayuran.

Rukmana. 2009. Pakcoy: Budidya dan Pascapanen. Kanisius. Yogyakarta.

Sarido, J. and Junia. 2017. Uji pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) dengan pemberian pupuk organik cair pada system hidroponik. Jurnal AGRIFOR. XVI (1), pp.65 74.

Suhardianto, A dan K.M. Purnama. 2011. Penanganan pasca panen caisin (Brassica comperstris L.) dan pakcoy (Brassica rapa L.) dengan pengaturan suhu rantai dingin (Cold Chain). Laporan Penelitian Madya Bidang Ilmu. FMIPA. Universitas Terbuka.

Sukawati, S. 2012. Budidaya pakcoy (Brassica chinensis L) secara organik dengan pengaruh beberapa jenis pupuk organik. Krya Ilmiah. Politeknik Negeri Lampung.

Syafruddin, Nurhayati dan Wati, R. 2012. Pengaruh jenis pupuk terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa varietas jagung manis. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas syiah Kuala. Banda Aceh. Pp.107-114




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.643

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.