PENGARUH MACAM PUPUK ORGANIK DAN MEDIA HARA PADA BUDIDAYA SISTEM HIDROFONIK SAWI PAGODA

Bukhari Bukhari, Cut Mulia Sari, Sri Handayani, Muhammad Nur

Abstrak


Sawi merupakan jenis sayuran yang digemari oleh masyarakat Indonesia  sehingga  permintaan sayuran ini selalu mengalami kenaikan. Bila ditinjau dari aspek teknis, ekonomi dan sosial, tanaman sawi sangat prospektif untuk diusahakan ka rena masa panen yang singkat dan pasar yang terbuka luas, disamping itu  harga  jual tanaman ini relatif  stabil dan mudah diusahakan. Salah satu varietas sawi yang memiliki harga dan minat konsumsi yang tinggi dari masyarakat adalah sawi pagoda (Brassica narinosa ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pupuk organik cair dan media tanam serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pagoda.  Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap Faktorial (RAL) dengan dua faktor yang diteliti yaitu jenis pupuk organik cair (J) terdiri dari 2 taraf dan  media tanam (M) terdiri dari 4 taraf,  terdapat 8 kombinasi perlakuan dan diulang 3 kali  sehingga dapat 24 satuan percobaan.Susunan kombinasi perlakuan. Hasil penelitian ternyata bahwa jenis pupuk organik cair tidak berpengaruh nyata terhadap pH larutan nutrisi hidroponik, tinggi tanaman sawi pagoda, jumlah daun, panjang akar dan berat brangkasan.  Sedangkan media tanam berpengaruh sangat nyata dan nyata terhadap tinggi tanaman sawi pagoda umur 15 hari dan berat berangkasan, tetapi tidak berpengaruh  nyata terhadap pH larutan nutrisi, tinggi tanaman sawi pagoda umur 25 dan 35 hari, jumlah daun pada semua umur pengamatan dan panjang akar.Ccocopeat merupaka media terbaik dari sejmlah media yang dipakai. Tidak terdapat interaksi yang nyata antara jenis pupuk organik cair dan media tanam terhadap semua peubah yang diamati

Kata kunci : Hidrofonik, Media, Organik, Pupuk, Sawi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aksa, M, Jamaluddin P, dan Subariyanto. 2016. Rekayasa Media Tanam pada Sistem Penanaman Hidroponik untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Sayuran. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian Vol.2: 163-168.

Bahzar, M.H., dan Santosa, Mudji. 2018. Pengaruh Nutrisi dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L. Var. Chinensis) dengan Sistem Hidroponik Sumbu. Jurnal Produksi Tanaman Vol.6 No.7.

Cahyono, B. 2013. Teknik dan Strategi Budi Daya Sawi. Yayasan Pustaka Nustama. Yogyakarta.

Edi, S. 2014. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir). J. Bioplantae, 3 (1) : 17-24.

Fransisca. S. 2011. Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kailan (Brassica alboglabra)(Brassica junce L.) Terhadap Penggunaan Pupuk Kascing dan Pupuk Pupuk kandang . Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. (Tidak dipublikasi).

Hadisuwito, S. 2007. Membuat Pupuk Kompos Cair. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Harjanti, R.A., Tohari, dan S. N. H. Utami. 2014. Pengaruh Takaran Pupuk Nitrogen dan Silika terhadap Pertumbuhan Awal (Saccharum officinarum L.) pada inceptisol. J. Vegetalika, 3 (2) : 35-44.

Haryanto, W., T. Suhartini dan E. Rahayu. 2013. Sawi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Ibrahim, Y dan Tanaiyo, R. 2018. Respon Tanaman Sawi (Brassica juncea L) terhadap Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Kulit Pisang dan Bonggol Pisang. Jurnal Agropolitan Vol.5 No.1.

Indahsari, A.E.S. dan Aini, N. 2018. Pengaruh Media Tanam dan Interval Pemberian Larutan Nutrisi pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kailan (Brassica oleraceae L. Var. Alboglabra) secara Hidroponik Substrat. Jurnal Produksi Tanaman, 6(6).

Karoba, F., Suryani, dan Reni Nurjasmi. 2015. Perbedaan pH terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kailan (Brassica oleraceae) Sistem Hidroponik NFT (Nutrient Film Tecniqye). Jurnal Ilmiah Respati Pertanian Vol. 7 No.2.

Kusumawati, I. 2015. Pengaruh Kepekatan Larutan Nutrisi Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Baby Kailan (Brassica oleraceae VAR. Albo-Glabra) pada Berbagai Komposisi Media Tanam Dengan Sistem Hidroponik Substrat. (Skripsi). Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Laksono, R. A. dan D. Sugiono. 2017. Karakteristik Agronomis Tanaman Kailan (Brassica oleraceae L. var. acephala DC.) kultivar full white 921 akibat jenis media tanam organik dan nilai Electrical Conductivity (EC) pada hidroponik sistem wick. J.Agrotek Indonesia. 2 (1) : 25 – 33.

Nugraha, R.U. 2015. Sumber sebagai Hara Pengganti AB Mix pada Budidaya Sayuran Daun secara Hidroponik. J. Hort Indonesia. 6(1): 11 - 19.

Perwitasari. 2012. Pengaruh Perlakuan Media Tanam terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi. www.gudangilmu.com.

Rahmah, Atikah., M.I., S.P. 2014. Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Sawi Putih (Brassica Chinensis L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis (Zea Mays L. Var. Saccharata). Buletin Anatomi dan Fisiologi. Volume XXII, Nomor 1, Edisi Maret 2014.

Redaksi Trubus. 2012. Mikroba Juru Masak Tanaman. Depok : Trubus Swadaya.

Siregar, Jureni, Sugeng Triyono, dan Diding Suhandi. 2015. Pengujian Beberapa Nutrisi Hidroponik Pada Selada (Lactuca sativa L.) Dengan Teknologi Hidroponik Sistem Rakit Apung (TTST) Termodifikasi. Jurnal Tekhnik Pertanian LampungVol, 4 No. 1 : 65-72.

Surtinah. 2016. Penambahan Oksigen pada Media Tanam Hidroponik terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa). J. Bibiet. 1 (1) : 27-35.

Sutedjo. 2010. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta, Jakarta.

Umar, U.F., Y.N. Akhmadi, dan Sanyoto. 2016. Jago Bertanam Hidroponik untuk Pemula. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Unlukara, A. B. Cemek, S. Karaman and Ersahin, S. 2008. Response of lettuce (Lactuca sativa var.crispa) to salinity of irrigation water. New Zealand Journal of Crop and Horticultural Science 36:265-273




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.639

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.