MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA PADA MATERI PROGRAM LINIER DI SMAN 1 PADANG TIJI

Hery Saputra, Raisna Raisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi program linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tiji, sementara sampel penelitian ini kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Program Linier peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang Tiji. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh Ttabel = 2,02 > Thitung = 0,34358 maka H­0 ditolak dan Ha diterima

Kata kunci: ATI (Aptitude Treatment Interaction), Kemampuan Pemecahan Masalah


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto.Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hudoyo. 2002. Mengonstruksi Pengetahuan dan Keterampilan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Margono,S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta

Ruseffendi.2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito

Sardiman. 2001. Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice. London: Allymand Bacon.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i1.549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.