PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ALQUR`AN DAN HADITS PEDOMAN HIDUPKU PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIGLI
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
merupakan permasalahan besar karena di dalam pendidikan agamalah awal
terbentuknya akhlak seorang anak. Permasalahan ini dapat saja disebabkan karena pengunaan metode belajar yang kurang tepat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sigli selama tiga bulan sejak bulan Agustus sampai Oktober 2021 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi Alqur`an dan Hadits pedoman hidupku dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sigli Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sigli tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 28 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi Alqur`an dan Hadits pedoman hidupku bagi siswa kelas X Akuntansi pada SMK Negeri 1 Sigli diperoleh hasil tes pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 67,9%, nilai rata-rata kelas sebesar 77,7 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 92,9% dengan nilai rata-rata kelas 84,3. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 50% dan nilai rata-rata adalah 69,1. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam materi Alqur`an dan Hadits pedoman hidupku pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sigli.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Alqur`an dan Hadits Pedoman Hidupku
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2003 . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Sutrisno, Hadi. 2009. Metodelogi Penelitian. Andi Ofset. Yogyakarta
Tim MKPBM. 2001. Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
Trihardiyanti.2005. Perkembangan Aktivitas anak melalui pembelajaran bermasalah (online),(http://binatalenta.com
diakses 28 Oktober 2021)
Ratnaningsih, Arum. 2013. Belajar dan Pembelajaran di Tingkat Satuan Pendidikan: Jakarta: Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i3.511
Refbacks
- There are currently no refbacks.