PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMPN 2 SAKTI KABUPATEN PIDIE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap keterampilan berfikir kritis pada materi sistem peredaran darah manusia di SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap tahun akademik 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Post-test Control Group Design. Penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas control (ceramah) dan kelas eksperimen (contextual teaching and learning). Soal test yang digunakan dalam bentuk soal uraian dengan jumlah 10 butir soal. Soal Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah Kemampuan berpikir kritis siswa, dianalisis secara deskriptif kualitatif, Ketuntasan Hasil Belajar, Perbedaan hasil belajar diukur untuk melihat perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen, dianalisis menggunan ujit statistic T dan peningkatan hasil belajar yang dianalisis menggunakan N-Gain. Pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model contextual teaching and learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa (thitung > ttabel, yaitu 5,07>1,73 pada taraf signifikan 5%). dan meningkatkan rata-rata ketuntasan klasikal pada materi system peredaran darah pada menusia di di SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie.
Kata kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amaliah, R. Rizky, Abdul Fadhil , Sari Narulita. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di
SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an; Vol. 10, No. 2.
Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: Bina Aksara.
Aqib, Zaenal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran
Kontekstual. Bandung: Yrama Widya
Bahri, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 45–59.
Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index .php/tadzkiyyah/article/view/2096/2130
Ekawati, R. (2014). Mendiskripsikan Kemampuan Berpikir Kritis. Jakarta:Gramedia Pusat.
Hanafiah. (2010). Konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: Fakultas
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i3.507
Refbacks
- There are currently no refbacks.