PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMPN 2 SAKTI KABUPATEN PIDIE

Ervina Dewi, Rahmi Agustina, Khaira Karnika

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap keterampilan berfikir kritis pada materi sistem peredaran darah manusia di SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap tahun akademik 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Post-test Control Group Design. Penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas control (ceramah) dan kelas eksperimen (contextual teaching and learning). Soal test yang digunakan dalam bentuk soal uraian dengan jumlah 10 butir soal. Soal Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah Kemampuan berpikir kritis siswa, dianalisis secara deskriptif kualitatif, Ketuntasan Hasil Belajar, Perbedaan hasil belajar diukur untuk melihat perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen, dianalisis menggunan ujit statistic T dan peningkatan hasil belajar yang dianalisis menggunakan N-Gain. Pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model contextual teaching and learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa (thitung > ttabel, yaitu 5,07>1,73 pada taraf signifikan 5%). dan meningkatkan rata-rata ketuntasan klasikal pada materi system peredaran darah pada menusia di di SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie.

Kata kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaliah, R. Rizky, Abdul Fadhil , Sari Narulita. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di

SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an; Vol. 10, No. 2.

Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: Bina Aksara.

Aqib, Zaenal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran

Kontekstual. Bandung: Yrama Widya

Bahri, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 45–59.

Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index .php/tadzkiyyah/article/view/2096/2130

Ekawati, R. (2014). Mendiskripsikan Kemampuan Berpikir Kritis. Jakarta:Gramedia Pusat.

Hanafiah. (2010). Konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: Fakultas




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i3.507

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.