PERAN ROOM ATTENDANT SUPERVISOR TERHADAP KUALITAS LAYANAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT DI THE PADE HOTEL ACEH BESAR
Abstract
Room(kamar) pada suatu hotel merupakan produk inti yang ditawarkan kepada pelanggan atau tamu..Room Attendant memiliki tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) yakni melakukan tugasnya yang menangani kebersihan, kerapian, keindahan, kenyamanan, serta kelengkapan kamar tamu.Demi tercapainya kepuasan tamudibutuhkan peran Supervisordalam menyelaraskantugas sesuai dengan Standar Operasional ProsedurRoom Attendant.Berdasarkan penilaian Services Quality (Servqual)memiliki pengaruh signifikan terhadap operasional dan kualitas layanan Housekeeping Department di The Pade Hotel, Aceh Besar,utamanya di Room Section. Kendala utama yang dihadapi adalah masih belum terpenuhinya Sumber Daya Manusia(SDM) serta belum terpenuhinya standar ketersediaan Pantry, Trolley dan Cleaning Tools. Ini bisa diatasi dengan merekrut SDM baru dan mengajukan pemenuhan standar ketersediaan perlengkapan yang masih kurang. Hal ini yang dapat dilakukan Supervisor terhadap pengelolaan dan peningkatan kualitas layanan room dengan mengevaluasi pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh Room Attendant untuk kemudian menggadakan training (pelatihan) sesuai dengan kebutuhan berdasarkan temuan evaluasi yang telah dilaksanakan.
Kata kunci: Room Attendant Supervisor, Supervisor, kualitas layanan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achroni, K. (2015). Don't Say "Go" But Say "Let's Go", Apa-apa Saja yang Harus Dilakukan Manajer & Supervisor. Jogjakarta: Trans Idea Publishing.
Bartono PH, S. &. (2015). Hotel Supervision. Yogyakarta: Andi Offset.
Maryono, M. (2017).Dasar-Dasar & Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Ekaningrum, Y. (2016). Manajemen Hotel. Surabaya: NSC Press.
Fadhli, A. (2017). Pengantar Housekeeping Perhotelan. Yogyakarta: Gava Media.
Haryono, P. (2015). Dahsyatnya Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Perhotelan. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
Iryana.(2019). Makalah Penelitian Kualitatif.Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Fakultas Ekonomi Syariah. Sorong: Tidak diterbitkan.
Metode Penelitian Deskriptif. (2018, Januari 18). Dipetik April 11, 2020, dari Sosiologis.com: http://sosiologis.com/metode-penelitian deskriptif.
Noviati.(2019). Industri Perhotelan. Jawa Tengah: Desa Pustaka Indonesia.
Orbani, L. (2017). Housekeeping Passport, Manajemen Operasional Housekeeping Dasar. Yogyakarta: ANDI.
Putri, E. D. (2015). Peranan Housekeeping Dalam Meningkatkan Kenyamanan Tamu Di The Sahid Rich Yogyakarta. Khasanah Ilmu, 6 (2), 46-55.
Rahmat, P. S. (2019). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5 (9), 1-8.
Surya, F. (2019). Akomodasi Perhotelan. Jawa Tengah: Desa Pustaka Indonesia.
Susilo, I. (2018). Pelaksanaan Tugas Supervisor Housekeeping Dalam Pengawasan Room Boy Hotel Pesonna Pekanbaru. JOM FISIP, 5 (2), 1-15.
Taviprawati, E. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Room Attendant Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Inter-Continental Jakarta MID Plaza. Jurnal Plmiah Pariwisata, 24 (1), 1-11.
Yuniarsih, R. (2016). Housekeeping I. Surabaya: NSC Press.
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i2.437
Refbacks
- There are currently no refbacks.