SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING (CBR) BERBASIS WEBSITE

Yusmawati Yusmawati, Sanusi Sanusi

Abstrak


Tanaman padi adalah salah satu tanaman terpenting bagimanusia khususnya dikawasan Asia dimana tanaman ini menjadi bahan makanan pokok. Dalam pengelolaan dan perawatan tanaman padi juga dapat terjangkit penyakit, untuk mengidentifikasi penyakit tanaman padi dibutuhkan sebuah sistem pakar. Penelitian ini bertujuan merancang sistem pakar untuk mengidentifikasi penyakit tanaman padi menggunakan metode penalaran case-based reasoning (CBR).Sistem pakar merupakan suatu sistem komputer yang bisa meniru kemampuan seorang pakar, sistem ini bekerja untuk mengadopsi pengetahuan manusia kekomputer yang menggabungkan dasar pengetahuan dengan sistem inferensi untuk menggantikan fungsi seorang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah. Hasil perhitungan nilai sensitivitas 100% dengan nilai akurasi sistem 86,84%. Hal ini menunjukkan bahwa sistem  pakar menggunakan CBR dapat mengidentifikasi penyakit tanaman padi dengan baik.Aplikasi sistem pakar yang dilah dibuat diharapkan dapat membantu khususnya petani sebagai referensi tentang penyakit pada tanaman padi yang dapat mendiagnosa gejala yang dialami oleh tanaman padi mereka tanpa menunggu petugas pertanian.

Kata kunci: Sistem Pakar, Case-Based Reasoning (CBR), Doagnosa Penyakit Tanaman Padi. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriana, Indarto, and Abdiansah. 2007. Sistem Penalaran Komputer Berbasis Kasus (Case Based Reasoning- CBR). Yogyakarta: Penerbit Ardana Media.

Fanny, R.R., Hasibuan, N.A. and Buulolo, E., 2017. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penulusuran Forward Chaining. Media Informatika Budidarma, 1(1).

Gulo, A.A.H.S. and Syahrizal, M., 2018. Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hemofilia Pada Manusia Menerapkan Metode Case Based Reasoning. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 17(1).

Irwan, N., 2016. Aplikasi sistem pakar identifikasi penyakit pada tanaman padi menggunakan metode certainty factor. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Minarni, M., Warman, I. and Handayani, W., 2017. Case-Based Reasoning (CBR) Pada Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Singkong dalam Usaha Meningkatkan Produktivitas Tanaman Pangan. Jurnal Teknoif, 5(1).

Sihotang, H.T., 2017. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa, 15(1).

Sutojo. 2011. Kecerdasan Buatan, Yogyakarta. Penerbit Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i2.425

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.