PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KOMPETENSI GURU

Syafriadi Syafriadi

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dan kompetensi guru dalam melaksanakannya serta tanggung jawab yang berkaitan dengan evaluasi proses pembelajaran. Teknik penyusunannya menggunakan strategi penelitian kepustakaan. Pada dasarnya penilaian pembelajaran diharapkan dapat menghasilkan data yang diharapkan dapat mengembangkan lebih lanjut pengalaman pendidikan. Meskipun demikian, interaksi pelaksanaan sebenarnya mengacu pada langkah-langkah penilaian yang bersifat Paedagogik. Hendaknya guru Pendidikan Agama Islam lebih fokus dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran dengan terus membuat kerangka inkuiri agar substansi yang disinggung dalam inkuiri lebih menarik, menyusun profil kemajuan kelas sehingga pendidik dapat membedakan kembali kekurangan dan kualitas bagian-bagian pembelajaran, dan selanjutnya dengan membantu siswa. dalam memberikan bimbingan tentang metode yang paling Profesional untuk menangani masalah-masalah yang tidak dapat ditangani oleh siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daradjat, Zakiyah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 2015.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Irawan, Prasetya. Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PAU-PAI. Universitas Terbuka. 2011.

Kunandar. Guru Profesional:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru Jakarta: Raja Grafindo persada,.2017.

Madjid,Abdul, dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Mulyasa,. E. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

N.K, Roestiyah Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara. 2019.

Ni.am, Asrorun. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta : eLSAS. 2016.

Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2014.

Rasito, Hermawan. Pengantar Metodologi Penelitian,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Rosyada,Dede Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta:

Prenada Media. 2014.

Sabri, M Alisuf ,Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2015.

Samana, A. Profesionalisme Keguruan, Yogyakarta: Kanisius, 2014.

Slameto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Sofyan, Ahmad dkk,Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi,Jakarta: UIN Jakarta Press, 2016.

Subari. Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Bumi Aksara. 2014.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan,Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

Trianto dan Titik Triwulan Tutik. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. 2017.

Usman, Husaini.Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Uzer Usman, Moch. Menjadi Guru Profesional.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2015.

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11 Agustus




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v6i1.2267

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.