Optimalisasi Penggunaan Gambar dan Ilustrasi pada Teks Prosedur untuk Meningkatkan Kepahaman baca pada siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mengoptimalkan penggunaan gambar dan ilustrasi pada teks prosedur guna meningkatkan kepahaman pembaca, khususnya pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Pembacaan teks prosedur seringkali dihadapi dengan tantangan dalam memahami instruksi yang kompleks, dan penggunaan gambar dan ilustrasi dapat menjadi kunci untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian ini melibatkan eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, di mana kelompok eksperimen menerima teks prosedur yang telah dioptimalkan dengan penambahan gambar dan ilustrasi, sedangkan kelompok kontrol menerima teks prosedur konvensional. Data diukur melalui uji pemahaman dan keterbacaan teks prosedur, serta umpan balik subjektif dari partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengoptimalan teks prosedur dengan memasukkan gambar dan ilustrasi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa kelas XI SMA. Analisis data juga mengungkap perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal keterbacaan dan tingkat kejelasan instruksi. Kesimpulan dari penelitian ini mendukung pandangan bahwa penggunaan gambar dan ilustrasi dalam teks prosedur dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Implikasi dari penelitian ini memberikan dorongan bagi para pendidik dan penulis teks prosedur untuk secara lebih aktif mengintegrasikan elemen visual guna mendukung pembelajaran siswa di tingkat SMA.
Kata Kunci : Optimalisasi, Teks Prosedur, Gambar Ilustrasi, Strategi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Mirzanty, N. (2023). PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS PROSEDUR. Jurnal Nusantara Raya, 2(3), 139-147. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10435
HARTATIK, H. (2021). PENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MELALUI OPTIMALISASI SUMBER DAN ALAT DALAM MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK DI MAN BONDOWOSO: MAN BONDOWOSO. Mitra Pendidikan, 2(1), 80-88. https://jurnalmitrapendidikan.com/index.php/1/article/view/50
Wijayanti, A., Lestari, W. F., Zahroini, A. L., Puspitasari, A. S. D., Pradana, A. S. N., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon & Quizizz dalam Pengajaran Teks Eksplanasi di SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 202-212. DOI: https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.449
Ashfahani, A. (2016). Peningkatan Pemahaman Materi Autocad Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul Bergambar Pada Siswa Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta Jurusan Teknik Gambar Bangunan. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(8), 345-359. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/5540
Muhtadin, M. (2018). OPTIMALISASI MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(1), 96-105. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/78
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.2205
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.