MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA ASLI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.1. PELAJARAN AGAMA MATERI MEMBACA ALQUR’AN PADA SMPN 4 SAKTI

T. Zainuddin

Abstrak


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil  belajar siswa kelas VIII.1 materi membaca alqur’an pelajaran agama melalui penggunaan media benda asli pada SMPN 4 Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Sakti Tahun Ajaran 2019/2020  sebanyak 21 siswa. Data yang dikumpulkan melaui test dan observasi dengan alat pengumpul data berupa butir soal test dan lembar instumen aktivitas siswa dan guru peneliti. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif  komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis diperoleh data bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pasa setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh hanya 14 siswa yang tuntas dengan perolehan nilai rata-rata aktifitas siswa sebesar 61,2%dan kemampuan guru melakukan PBM 63,8% termasuk katagori cukup. Selanjutnya guru memperbaiki tahapan pelaksanaan pada siklus II dan diperoleh sebanyak 18 siswa (85,7%) tuntas dengan perolehan rata-rata keaktifan siswa sebesar 71,4%. Selanjutnya kemampuan guru dalam mengelola PBM mengalami peningkatan menjadi 77,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media benda asli sebagai media pembelajaran dapat digunakan pada konsep membaca Alqur’an  karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci:  Media Pembelajaran,  Media Benda Asli, Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdikbud, 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi SAINS, Jakarta

Gulo. 2002.Strategi Belajar mengajar, Jakarta :Gramedia Widiasarana

M. Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Nasution S. 2005. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Oemar Hamalik.2003. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Passandaran,J.Djoko S dan Fakihudin. 2007. Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia Terpadu. Makalah

Raharjo R, dkk, 2004. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Rajawali.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya, (1976). Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM, Penerbit CV, Rajawali, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v6i1.2161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.