PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2019 (Studi pada Mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Abdullah Sani, M. Yusuf Al-Qardhawy

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media sosial terhadap pemilih pemula pada pemilihan presiden tahun 2019 dan signifikansinya terhadap mahasiswa Fakultas Ilmu Politik Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh. Pemilu adalah sarana sirkulasi kekuasaan dari satu rezim kepada rezim lainnya. Seharusnya sistem demokrasi tidak dimaknai sebagai ajang kompetisi, tetapi sebagai wujud kontestasi untuk memilih dan menentukan leader politik yang membawa masyarakat, bangsa, dan negara sesuai tujuan dari konstitusi suatu negara. Masyarakat sebagai penentu arah kebijakan negara dengan suara mereka seharusnya mampu merubah kehidupan politik ke arah yang lebih baik. Keberadaan komponen masyarakat khususnya para pemilih pemula yang persentasenya di atas 50% suara mereka pada setiap kontestasi demokrasi lima tahunan adalah penentu besar lahirnya pemimpin-pemimpin bangsa di setiap level menjadi salah satu suprastruktur politik penting. Mahasiswa adalah komponen bangsa yang merupakan generasi penerus bangsa bukan hanya menjadi agent of change di negeri ini, tetapi mereka sebagai lokomotif perbaikan bangsa. Pada pemilu 2019 silam mahasiswa yang memberikan hak politik mereka bukan angka sedikit, diperkirakan tidak kurang 50% suara mahasiswa sebagai penentu lahirnya pemimpin bangsa. Salah satu infrastruktur yang lazim saat ini digunakan oleh mahasiswa sebagai pemilih pemula adalah mediasi sosial. Media sosial dalam varian bentuk informasi yang diterima oleh pemilih pemula mencapai angka 30% hingga 40% persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi pemilih pemula pada pemilihan presiden 2019. Mereka menjadikan media sosial sebagai sumber informasi politik yang mudah diakses. Informasi dari media sosial ini mendorong peningkatan partisipasi pemilih pemula untuk mengambil sikap politik mereka terhadap pasangan calon presiden pada pemilu 2019. Para pemilih pemula dapat mengenal dan mengetahui visi-misi yang disampaikan para calon. Hal ini dibuktikan dari saat wawancara hampir semuanya merujuk kepada jawaban bahwa media sosial berhasil mempengaruhi partisipasi mereka sebagai partisipasi pemula. Media sosial terutama Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok sangat mempengaruhi sikap politik mahasiswa Fakultas Ilmu Politik UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada pemilihan presiden tahun 2019.

Kata Kunci: Media Sosial, Pemilih Pemula, dan Pemilihan Presiden

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Nurcholis & Tri Rizki Putra, ”Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Pemilih Pemula pada Pemilihan Presiden 2019 yang Difokuskan kepada Mahasiswa FISIPOL UGM”, Jurnal PolGov Vol. 2 No. 1/2020.

Basuki Rachmat. H & Esther, ”Perilaku Pemilih Pemula dalam Pilkada Serentak di Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang Tahun 2015”, Jurnal llmu Pemerintahan Ll/idyapraja, l/ol XLII No. 2, Tahun 2016.

Cakrawala, “ Pemilihan Presiden Indonesia 2019: Propaganda di Era Post-Truth” akses melalui https://news.unair.ac.id pada 10 Juni 2023.

Diyah Mustika Anggraeni dan Sunarso, Persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial dan partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020, Jurnal E-CIVICS_ Student UNY: Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan dan Hukum Vol. 11 No. 03 Tahun 2022.

Devianti Anggraini, Aang Wahyu Ariesta, dan Eka Wenats Wuryanta, “Pengaruh Media Instagram terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pemilihan Umum Presiden RI 2019”, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 11, No. 1, Juni 2022.

Farhan Nurikhsan, K.Y.S Putri, ”Efektivitas Instagram Sebagai Media Kampanye Nadia Fransiska dalam Meningkatakan Ketertarikan Masyarakat,” Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 3, Nomor 2, September 2021.

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/, akses pada 10 Juni 2023.

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023, akses pada 10 Juni 2023.

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023, akses 10 Juni 2023.

Moleong, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.

Muhammad Arif Laemang, Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Pemilih Pemula dalam Menghadapi Pilkada Serentak pada Tahun 2020 di Kabupaten Barru”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar 2021.

Noviyanti, Ubaidullah, Ardiansyah, “Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pilpres 2019 di Kabupaten Aceh Utara (Studi Penelitian di Kecamatan Dewantara),” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, Volume 6. No. 1 Maret 2021.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Edisi Revisi, STAIN Jurai Siwo Metro, 2010.

Wa Ode Mudiani, “Persepsi Pemilih Pemula terhadap Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Kampanye pada Pemilu 2024”, Journal on Education Volume 06, No. 01, September-Desember 2023.

Wawancara Dengan Monica Saiputri pada 5 Desember 2023.

Wawancara dengan Nurul Raudhah pada 5 Desember 2023.

Wawancara dengan Alif Al-Barra pada 2 Desember 2023.

Wawancara dengan Fajar Rizki Aulia pada 2 September 2023.

Wawancara dengan Maulidar Fitri pada 5 Desember 2023.

Wawancara dengan Julia Sari pada 5 Desember 2023.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v6i1.2160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.