SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN USAHA PERIKANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY (MAUT) STUDI KASUS DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN PIDIE

Nurul Hadia, Cut Lilis Setiawati, Zikrul Khalid

Abstrak


 

Setiap lembaga pemerintah tentu memiliki program berupa pemberian bantuan kepada masyarakat dan harus diberikan kepada penerima yang layak dan pantas untuk mendapatkannya. Salah satu bantuan lembaga pemerintah adalah bantuan pemerintah dibidang kelautan dan perikanan. Bantuan pemerintah kelautan dan perikanan adalah bantuan yang tidak memenuhi kriteria bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah kepada perseorangan, kelompok ataupun  masyarakat. Pada penelitian ini akan menerapkan metode Multi Atribut Utility Theory  (MAUT). Metode MAUT  digunakan untuk merubah dari beberapa kepentingan kedalam nilai numeric dengan  skala  0 - 1  dengan  0  mewakili  pilihan  terburuk dan  1  terbaik,  sehingga  mempermudah  penilaian dikarenakan menggunakan skala antara 0 sampai 1. Tujuan penelitian sistem ini adalah untuk memudahkan proses penentuan calon penerima bantuan usaha bidang perikanan yang paling berhak untuk disalurkan agar informasi akurat, cepat dan tepat sasaran sesuai kriteria. Aplikasi pendukung dari sistem ini menggunakan mengunakan aplikasi Editor penulis gunakan Visual-viscode framework bootstrap sebagai kerangka kerja dan bahasa pemrograman PHP5  dan database MySQL.

Kata kunci :  Bantuan Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Pidie, Berbasis Web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardhana dalam Kesuma & Rahmawati (2017:1), Memulai Membangun Website Istimewa. Bandung: Azzahra Publishing.

Andriansyah (2017:26), “Pengaruh Budaya Organisasi dan Iklim Organisasi Terhadap Loyalitas Karyawan (Studi Kasus pada PT Bank Negara Indonesia KCU Pekanbaru”, Jom FISIP , Vol. 4, No. 1

Anas Sudijono (2019: 52), Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.

Abdul Kadir (2018), Konsep sistem informasi, edisi kedua Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Aminuddin (2018), Patient Satisfaction With Hospital Foodservice and its Impact on Plate Waste in Public Hospitals in East Malaysia. Penelitian.

Dr. Harry Hikmat (2020), Systems Analysis And Design : A Structured Approach, Addison-Wesley Publishing Company.

Diar Fuji Oktavian (2013:85), Definisi JavaScript dan Server XAMPP, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia Jakarta.

Diar Fuji Oktavian (2013:113), Definisi PHP, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia Jakarta.

Endra & Aprilita, (2018), Mudah Belajar PHP Teknik Penggunaan Fitur-Fitur Baru dalam PHP 5.Bandung:INFORMATIKA

Firmansya (2018:185), Bahasa Pemrograman dan Aplikasinya dalam PHP Designer , Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia Jakarta.

Harip Santoso (2017), Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Medan : STMIK Budi Darma. Vol. 3. No. 4.

Indrajani (2018), Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak”, Jakarta: Prestasi Pustaka

Ibnu dalam Santoso ( 2017:87), Data flow diagram (DFD), Edisi I Pengantar , Penerbit Jakarta Pusat, PT. Pustaka Binaan Presindo.

Ibnu dalam Santoso ( 2017:47), Definisi ERD beserta komponen-komponennya, Bandung: Informatika.

Jogiyanto (2012:13), Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional, Edisi I. Yogyakarta: Andi.

Kristanto (2018:21), Elemen Sistem, Cetakan Keempat, Penerbit Audi Offset, Yogyakarta. Komputindo, Kelompok Gramedia Jakarta.

Kristanto (2019), Artisan, Cetakan Keempat, Penerbit Audi Offset, Yogyakarta. Komputindo, Kelompok Gramedia Jakarta.

Kustiyaningsih (2017:114), Pengenalan Belajar sendiri Manajemen Database, Penerbit PT.Elekmedia Kopotindo,Kelompok Gramedia Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v6i1.2037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.