Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Konsep Sistem Pernapasan Manusia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Mapping pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 19 perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa melalui penerapan pembelajaran concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan nilai rata- rata yaitu 51,7 pada kondisi awal menjadi 69,2 pada siklus I dan menjadi 80,4 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 17,5% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 11,2% dari siklus I. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 28,7% . Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 50% dari kondisi awal, siklus II meningkat 25% dari siklus I. Peningkatan ketuntasan secara keseluruhan sebesar 75% .
Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran concept mapping dan sistem pernapasan manusia.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto,S, 2000. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono, 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Unesa.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada.
Istarani, dkk. 2016. Ensiklopedi Pendidikan. Medan. Larispa.
Kanginan, M. 2013. Biologi SMA Kelas XI. Jakarta. Erlangga.
Lie, A 2002. Coorperative Learning. Jakarta Grasindo..
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual (constextual Teaching adna Learning /CTL) dan Penerapannyadalam KBK. Malang. Universitas Negeri Malang.
Slavin. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Trianto. 2007. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta. Kencana Perdana Media Group.
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.1854
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.