PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA

Aidil Saputra, Rahmat Saputra, Arini Aristawati

Abstract


Peran guru adalah terciptanya  serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan dilakukan dalam suatu situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa menjadi tujuannya, dengan demikian dapat dipahami bahwa peran adalah tugas yang menjadi tanggung jawab seseorang melaksanakan sesuatu. Pendidikan agama Islam banyak membahas tentang pembinaan sikap, yaitu mengenai aqidah dan akhlakul karimah. Peran guru dalam pendidikan dapat dijelaskan sebagai berikut: peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pelatih, peran guru sebagai penasehat, peran guru sebagai innovator, peran guru sebagai teladan, peran guru sebagai pribadi, peran guru sebagai peneliti, peran guru sebagai creator, peran guru sebagai evaluator. Motivasi dapat diartikan sebagai “suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku sikap yang baik.


References


A.M., S. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, A., & Prasetya, J. T. (2005). Stategi Belajar Mengajar. (M. A. Djaliel, Ed.) Bandung: Pustaka Setia.

Barzinji, J. (1996). Sejarah Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Djaramah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hutajulu, M., Naibaho, T., Siagian, L., & Simamora, L. J. (2012). Guru Profesional. Makalah Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan. Medan: UNIMED.

Mutaqin, I. (2012). Kompetensi Profesional Guru. UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Nur, M. (2008). Dasar-dasar pendidikan jasmani. Makassar: FIK UNM.

Purwanto, M. N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siagian, S. P. (1989). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara.

Soetjipto, & Kosasi, R. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Cet. XV ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Tadjab. (1994). Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i2.1680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.