PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA

Makawiyah Makawiyah, Maisura Maisura, Zakiah Zakiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan menggunakan model kooperatif tipe CIRC. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata posttes kelas eksperimen 77,71 dan kelas kontrol 67,24. Melalui penelitian ini, terungkap bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia di SMP Negeri 2 Indrajaya.

Kata kunci: Model Circ, Hasil Belajar


References


Alamdani, dkk., 2011. Pertumbuhan dan Perkembangan Selama Masa Kehidupan. Makalah Konsep Dasar Keperawatan. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Cahyani, Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Lks Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal. Vol. 2, No. 3. Universitas Jember.

Choiron, AH. 2010. Psikologi Perkembangan. Kudus: Nora Media Enterprise.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasibuan dan Moedjiono, 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jatmiko, Agung. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Disertai Media Komik Biologi Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume 5, Nomor 1. Surakarta: UNS.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nur, Mohammad. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.

Nur, Mohammad. 2002. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Unesa, Press.

Nurachmandani, Setya dan Samsulhadi, Samsun. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam (Terpadu) 2. Jakarta: Grahadi.

Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, M. Ngalim. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sahrudin. 2010. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).http://s1pgsd.blogspot.com/2010/01/modelpembelajarancooperative.html. diakses pada 16 Maret 2017.

Sapardini R. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 Pada Materi Perbandingan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CIRC. Skripsi. Semarang: Jurusan Matematika UNNES.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke-4. Bandung: Alpabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka belajar




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i2.1679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.