SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KEAKTIFAN SISWA BERBASIS WEB DENGAN METODE FUZZY LOGIC PADA SMA NEGERI 1 SIGLI
Abstract
Penelitian ini didasari oleh proses penilaian guru terhadap tingkat keaktifan seorang siswa.
Pada SMA Negeri 1 Sigli penentuan tingkat keaktifan siswa masih dilakukan dengan cara
manual dengan hanya melihat dari hasil belajar tanpa melihat proses belajarnya, sehingga
sering terjadi kesalahan dalam menentukan siswa yang mempunyai tingkat keaktifan
belajar yang tertinggi. Pembuatan sistem pendukung keputusan penilaian keaktifan siswa
memiliki tujuan menerapkan dan menguji tingkat akurasi metode fuzzy logic dalam kasus
penilaian keaktifan siswa SMA Negeri 1 Sigli. Penilaian keaktifan siswa ini menggunakan
kriteria-kriteria antara lain kegiatan menulis, kegiatan menggambar, kegiatan emosional,
kegiatan kelompok (presentasi) dan kegiatan mental. Ada tiga tahapan dalam proses
penilaian menggunakan metode fuzzy logic yaitu fuzzifikasi, penalaran dan defuzifikasi.
Hasil akhir penilaian keaktifan siswa ini akan menjadi panduan guru dalam mengoptimasi
proses pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya
Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui
Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar
di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal
Eloctronics, Informatics, and Vocational
Education (ELINVO), Volume 1 Nomor 2.
Kusumadewi, Sri . 2010. Aplikasi
logika fuzzy untuk sistem pendukung
keputusan. Andi Offiset: Yogyakarta. 51
Vol 1, No 2, Oktober 2019,ISSN:2685-1024 JRR
Aunurrahan. 2012. Belajar dan
Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kusumadewi, Sri. dkk. 2006.
Fuzzy Multi-Atribute Decision Making
(Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v1i2.145
Refbacks
- There are currently no refbacks.