SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KEAKTIFAN SISWA BERBASIS WEB DENGAN METODE FUZZY LOGIC PADA SMA NEGERI 1 SIGLI

Laila Qadriah Haryadi

Abstract


Penelitian ini didasari oleh proses penilaian guru terhadap tingkat keaktifan seorang siswa.
Pada SMA Negeri 1 Sigli penentuan tingkat keaktifan siswa masih dilakukan dengan cara
manual dengan hanya melihat dari hasil belajar tanpa melihat proses belajarnya, sehingga
sering terjadi kesalahan dalam menentukan siswa yang mempunyai tingkat keaktifan
belajar yang tertinggi. Pembuatan sistem pendukung keputusan penilaian keaktifan siswa
memiliki tujuan menerapkan dan menguji tingkat akurasi metode fuzzy logic dalam kasus
penilaian keaktifan siswa SMA Negeri 1 Sigli. Penilaian keaktifan siswa ini menggunakan
kriteria-kriteria antara lain kegiatan menulis, kegiatan menggambar, kegiatan emosional,
kegiatan kelompok (presentasi) dan kegiatan mental. Ada tiga tahapan dalam proses
penilaian menggunakan metode fuzzy logic yaitu fuzzifikasi, penalaran dan defuzifikasi.
Hasil akhir penilaian keaktifan siswa ini akan menjadi panduan guru dalam mengoptimasi
proses pembelajaran.


References


Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya

Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui

Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar

di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal

Eloctronics, Informatics, and Vocational

Education (ELINVO), Volume 1 Nomor 2.

Kusumadewi, Sri . 2010. Aplikasi

logika fuzzy untuk sistem pendukung

keputusan. Andi Offiset: Yogyakarta. 51

Vol 1, No 2, Oktober 2019,ISSN:2685-1024 JRR

Aunurrahan. 2012. Belajar dan

Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kusumadewi, Sri. dkk. 2006.

Fuzzy Multi-Atribute Decision Making

(Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v1i2.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.