Sistem klasifikasi jenis sayuran menggunakan algoritma pca dan k-nn

Zulfahmi Zulfahmi, Laila Qadriah

Abstrak


Salah satu bentuk dari kecerdasan tiruan adalah pendeteksian secara otomatis terhadap citra gambar sehingga sistem dapat menentukan dengan tepat jenis gambar tersebut atau biasa disebut computer vision. sayuran merupakan jenistanamanyang banyak dijumpai di Indonesia, akan tetapi banyak dari jenissayuranyang ada di masyarakat berkualitas kurang baik sehingga merugikan konsumen. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang dapat mendeteksi kualitas dari sayuran tersebut. Algoritma Principal Component Analysis (PCA) dan algoritma k-nearest neighbor (K-NN) dapat dikombinasikan untuk melakukan pekerjaan tersebut. PCA merupakan algoritma yang mampu mengkonversi sekelompok data yang pada awalnya saling berkorelasi menjadi data yang tidak saling berkorelasi (Principal Component). Jumlah Principal Component yang dihasilkan sama dengan jumlah data aslinya, tetapi dapat direduksi dengan jumlah yang lebih kecil dan tetap mampu merepresentasikan data asli dengan baik. Sedangkan K-NN merupakan metode untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pembelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype, dan tools pengembangan yang digunakan adalah UML. Dalam pembuatan sistem deteksi kualitas sayuran, digunakan bahasa pemrograman MATLAB, dan pengujian menggunakan metode blacbox. hasil dari system ini adalah sistem mampu menghasilkan keluaran berupa pengklasifikasian kualitas dari sayuran secara otomatis.
Kata kunci: Klasifiaksi Jenis Sayuran, Algoritma PCA dan K-NN

Kata kunci : Klasifiaksi Jenis Sayuran, Algoritma PCA dan K-NN


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gurum Ahmad Pauji, dkk, (2013). Analisis Pemanfaatan Teknik Template Matching pada Sistem Akuisisi dan Pengenalan Karakter Citra Plat NomorKendaraan. Universitas Lampung.

Irawan, F. 2012. Buku Pintar Pemrograman

MATLAB.Yogyakarta :MediaKom.

Khair. 2016. 20 Jenis Buah Pisang yang Dikonsumsi dan Dijual Di Indonesia. Tersediahttp://www.berkahkhair.com/jenis- pisang/. (Online), diakses15 Juni 2016

Mahyuzir, Tavri D. 1991.Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pamungkas, Adi. 2020. Klasifikas iJenis Sayuran Menggunakan Algoritma PCA dan KNN. https://pemrogramanmatlab.com/2019/01/01/klas ifikasi-jenis-sayuran-menggunakan-algoritma- pcadan-knn/,diaksestanggal20Januari 2020.

Ranita, Rizal A., & Atmaja R. D. (2012). Deteksi

Kelompok Usia Manusia Berdasarkan

Fitur Wajah Mengunakan Filter Gabor 2D.

Roger, S. Pressman, Ph.D., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Ed.7, diterjemahkan oleh Andi, Yogyakarta.

Taufiq, M Nur.,(2012). Sistem Pengenalan Plat Nomor PolisiKendaraan Bermotor Dengan Menggunakan MetodeJaringan Saraf Tiruan Perambatan Balik. UniversitasDiponegoro, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.