SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAMPUS SWASTA TERBAIK DI ACEH MENGGUNAKAN METODE UTILITIES THEORY ADDITIVES BERBASIS WEB

Safiratul Hikmah, Laila Qadriah, Sayed Achmady, Rahmad Rizki

Abstrak


Banyak perguruan tinggi swasta yang baru bermunculan dengan kualitas yang tidak kalah dari perguruan tinggi negeri. Hal ini dapat menimbulkan problema baru bagi para calon mahasiswa, yakni akan membuat kesulitan bagi para lulusan-lulusan baru untuk memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kriteria dan keinginan mereka. untuk itulah sistem pendukung keputusan akan berguna dalam membantu menetapkan dan meyakinkan user dengan pilihan mereka. Metode Utilities Theory Additive (UTA) adalah suatu metode yang menilai fungsi utilitas aditif pada sekumpulan kriteria, menggunakan informasi berdasarkan peringkat subjektif pada seperangkat alternatif dan evaluasi multikriteria dari alternatif untuk mengambi keputusan tersebut.Penelitian ini dilakukan dengan observasi mendatangi langsung ke tempat lokasi universitas swasta di Aceh.

Kata kunci: Utilities Theory Additive, Perguruan Tinggi Swasta, web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian. 2021. Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Mobil Bekas Berbasis Web Menggunakan Metode Multi Atribute Utility Theory (MAUT). Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas Sanata Dharma Vol. 8, No. 3 . ISSN 2407-4322.

Bekti. 2018. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS, dan JQuery. Yogyakarta:ANDI.

Brady M. Loonam J. 2021. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Qualitative Research in Organization And Management.

Hikmah. 2019. Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi Kasus : Web Dealer Motor. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Hidayatullah. 2017. Pemrograman WEB. Bandung : Informatika Bandung.

Harsono, 2008. Model-Model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta:

`Pustaka Pelajar.

Kusrini, 2017. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Kepurtusan, Andi Offset, Yogyakarta.

Lestari Ayu Triyuni. 2020. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Komisi Pada penelitian ini penulis mengembangkan sistem penentuan komisi yang ada di PT. Bandar Trisula tersebut dengan memanfaatkan teknologi internet yaitu berbasis Website. Politeknik Negeri Sriwijaya Universitas Nusa Cendana.

Magdalena. 2017. Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Perguruan Tinggi (STUDI KASUS STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG), Jurnal Informatika, Progam Studi Sistem Informasi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Nugroho. 2019. Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta : Gava Media.

Sari Rita Novita. 2019. Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Pemilihan Rumah Kost.. Institude Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Vol. 12 No 1.

San Zendith Henley Lianita. 2006. Sistem pendukung keputusan Persetujuan pemeriksaan pajak khusus Dengan metode utility theory additive (uta) ( studi kasus divisi rikpan direktorat jenderal pajak Kantor wilayah jawa bagian barat ii ). Universitas Telkom, Bandung.

Shalahuddin, M. 2017. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Tri Susilowati. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Ikan Lele Berkualitas Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Di Desa Wates STMIK Pringsewu : Lampung, diakses 02 Maret 2021.

Wibowo. 2018. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.