SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI PERKEBUNAN COKLAT DI KABUPATEN PIDIE JAYA MENGGUNAKAN QGIS BERBASIS WEB

Misna Zuhra, Yuswardi Yuswardi, Junaidi Salat

Abstrak


Budidaya tanaman coklat (kakao) di Kabupaten Pidie Jaya selama ini masih dilakukan secara tradisional dengan produktivitas sebelum konflik 700-800 kg/ha, tetapi setelah konflik dan serangan PBK (Penggerek Buah Kakao) dilaporkan tinggal setengahnya. Kualitas hasil juga rendah akibat serangan hama tersebut serta perlakuan pascapanen yang minimum. Di samping itu, kelembagaan petani untuk dapat melakukan kegiatan di kebun secara bersama-sama, juga belum terbentuk dengan baik. Menurut BAPPEDA Kabupaten Pidie Jaya, pada tahun 2009 areal tanaman kakao di Kabupaten Pidie Jaya seluas 8.644 ha dengan produksi 2.362 ton. Areal tersebut tersebar di delapan kecamatan, yakni Trienggadeng, Meureudu, Bandar Dua, Ulim, Panteraja, Jangka Buya, Meurah Dua, dan Bandar Baru. Dengan begitu banyaknya perkebunan coklat di kabupaten pidie jaya tentu membuat pembeli atau pengunjung baik itu dari ninas terkait maupun perorangan menjadi kewalahan mencari lokasi perkebunan coklat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi untuk mempermudah pencarian lokasi serta data tentang lokasi yang ingin dikunjungi tersebut. Sistem Informasi Geografis (SIG) atau juga dikenal sebagai Geographic Information Sistem (GIS) akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang berarti seiring kemajuan teknologi informasi geografis. SIG merupakan sistem informasi berbasis komputer yang menggabungkan antara unsur peta (geografis) dan informasinya tentang peta tersebut (data atribut) yang dirancang untuk mendapatkan, mengolah, memanipulasi, analisa, memperagakan dan menampilkan data special untuk menyelesaikan perencanaan, mengolah dan meneliti permasalahan. Dengan adanya aplikasi Gis yang dirancang berbasis web tersebut mampu memecahkan persoalan terkait luasnya perkebunan cokelat yang ada di pidie jaya.

Kata Kunci  : GIS, Kebun Cokelat, Kabupaten Pidie Jaya, web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifianto A, 2015. Pengembangan Sistem Informasi Pemetaan Penghasil Tanaman Pangan Menggunakan Metode Extreme Programming.

Irwansyah, 2015, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kantor Dinas di Kota Lubuk linggau Berbasis Android. STMIK Musirawas Lubuk Linggau.

Jogiyanto, 2018. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Sholina E, 2017, Sistem Informasi Geografis dan Layanan Informasi Pemakaman Kebun Bunga Palembang.

Santosa, 2018. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Supriyanto, 2018. JSIKA Vol . 7 No . 3 Januari 2018 ISSN 2338-137X Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Di Akademi ISSN 2338-137X. 7(3).




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1151

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.