SISTEM PAKAR DIAGNOSA DEFISIENSI NUTRISI PADA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS ANDROID

Riza Mauliza, Sayed Achmady, Zikrul Khalid

Abstrak


Tanaman padi merupakan makanan pokok yang wajib dibudidayakan oleh petani di Indonesia, dengan tujuan untuk kemakmuran para petani maupun kemakmuran tanah air. Tanaman padi umumnya, mengadopsi sistem pertanian ektensif (sistem tanaman  yang menggunakan modal kecil) dan tidak terlalu menerapkan pertanian intensif modern (sistem tanaman  yang menggunakan modal besar). Agar petani dapat menangani nutrisi tanaman padi dengan baik,  maka dibutuhkan sebuah metode yaitu Certainty Factor. Certainty Factor merupakan suatu metode untuk membuktikan ketidakpastian pemikiran seorang pakar, dimana untuk mengakomodasi hal tersebut seseorang biasanya menggunakan certainty factor untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi. hasil metode certainty factor yang berupa persentase, cocok untuk hasil program yang dibutuhkan pada penelitian ini. Untuk mendukung metode ini, supaya berjalan dengan baik, maka dibutuhkan juga sebuah platform untuk membuat program berbasis android. Aplikasi berbasis android dapat mengatasi kendala tersebut karena menawarkan kemudahan serta kepraktisan mengenai informasi yang dapat memanjakan penggunanya tanpa harus membuka browser lagi karena dengan membuka aplikasi tersebut otomatis sudah terhubung dengan sistem pakar.

Kata Kunci  : Tanaman Padi, Certainty Factor, Android, Sistem Pakar, Petani


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bambang Haryanto. 2019. Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java. Yogyakarta: Andi.

Bunafit Nugroho. 2019. Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta : Gava Media.

Bristowe, John. 2018. What is a Hybrid Mobile App. Diperoleh pada 10 Oktober 2022, dari http://developer.telerik.com/featured/what-is-a-hybridmobile-app/

Herawati. 2019. Budidaya Padi, Yogyakarta: Javalitera.

Harahap, Siti Hazanah And Nurjayadi. Simulasi Monte Carlo Dan Animasi Operasinya Dalam Mengelola Persediaan Bahan Baku Bangunan. Jurnal Stmik Amik Riau Sains Dan Teknologi Informasi.

Kadir. 2018. Pemrograman Android & Database (Diterbitka). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI, Jakarta 2018.

Kusumadewi, S. 2018. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kawistara. 2017. Pemrograman WEB. Bandung. Informatika Bandung.

Mayasari. 2017. Pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi android berbasis weblog untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika IKIP Bojonegoro. Jurnal Magistra.

Prasetyo. 2019. Solusi Menjadi Web Master melalui Manajemen Web dengan PHP, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Pangkey, M., Poekoel, V., dan Lantang, O. 2016. Sistem pakar pendeteksi kerusakan handphone berbasis android. Jurnal Teknik Informatika,

Rosa A.s. & M.Shalahuddin. 2017. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Terstruktur dan Berorientasi Objek

Sutojo. 2020. Kecerdasan Buatan, ANDI,Yogyakarta.

Suhartono. 2017. Artificial intelligensi Konsep Dan Penerapannya. Yogyakarta :Andi

Simanungkalit, R.D.M. 2020. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Jawa Barat: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian.

Safaat. 2018. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android, Cetakan Pertama, Edisi Revisi, Penerbit Informatika Bandung.Bandung




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.