PERANCANGAN APLIKASI LEAN START-UP PADA PENYUPLAI DAN KONSUMEN SAYUR BOX BERBASIS WEB

Maya Sari, Yuswardi Yuswardi, Fitriyani Fitriyani

Abstrak


 

Lean startup merupakan metode atau konsep yang disebut metodologi lean startup, metodologi ini adalah proses, dimana proses ini dilakukan dengan cepat untuk membangun prototype agar dapat menguji asumsi user atau pelanggan dengan pelayanan yang nyata. Didalam lean startup terdapat sebuah rumusan yang menggambarkan detail alur dari lean startup itu sendiri disebut dengan Validate Learning. Konsep ini mempertemukan tiga hal yaitu build, learn, measure, ketiga konsep tersebut bergabung di dalam suatu life cycle yaitu lean cycle. Sayurbox adalah platform online yang memudahkan kita berbelanja buah dan sayuran segar langsung dari petani lokal. Hanya dengan melakukan pemesanan secara online, Sayurbox akan langsung mengantarkan pesanan ke depan pintu rumah dengan harga yang bersahabat. Dengan adanya platform ini yang akan diterapkan pada wilayah pidie maka dapat membantu petani dalam memasarkan komoditas pertanian lokal menjangkau pasar yang tepat dan cepat. Sistem dihadirkan pada platform berbasis web yang mudah digunakan pada smartphone sehingga akan sangat menguntungkan petani dan pembeli dikarenakan sangat efisien waktu dan harga. Pada sistem ini terdapat input data sayur, data gambar, data harga, data berat sayur serta data stock barang, untuk outpunya konsumen dapat memilih sayur yang diinginkan kemudian melakukan transaksi pembayaran dan menunggu proses pengiriman barang, Setelah sayur diterima maka konsumen melakukan verifikasi kedalam aplikasi sayur box.

Kata kunci  : Sayur Box, Lean Startup, Web, Pidie


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2017. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Azwanti, 2017. Sistem Informasi Penjualan Tas Berbasis Web dengan Pemodelan UML. Sistem Informasi, Universitas Putera Batam.

Brady. M dan Loonam. J. 2010. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to.

Bunga Kurnia kusumandari, 2017. Sistem Informasi Pengelolaan Penjualan Aplikasi Pada Perancangan Startup Notice Dengan Metode Scrum. Fakultas rekayasa industri, Telkom University

Crist Adityo Ikhsan, 2018. Perancangan l Bisnis Startup Sharivest Dan Pengembangan Algoritma Berbasis Crowdfunding. Jurusan Teknik Induustri, Fakultas Teknik. Universitas Andalas. Padang.

Dipraja. 2014, Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Griffin. 2019. Perancangan E-Commerce Penjualan Komputer Dan Alat Elektronik Berbasis Web Pada Toko Damar Komputer Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model).

Hidayatullah. 2017. Web Aplication Framework. Retrieved from http://docforge.com/wiki/Web_application_framework80.

Hikmah. 2019. Pemrograman Android & Database. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI, Jakarta 2018.

Ippho Santoso. 2017..Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter.Yogyakarta : Lokomedia.

Kadir. 2019. A Model Driven Approach for Modeling and Generating PHP Codeigniter based Applications. Transactions on Machine Learning and Artificial Intelligenc”e, VOLUME 5 NO 4, 2017 ISSN : 20547390 Morocco.

Lajamudin. 2017. “Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery”. Yogyakarta: ANDI

Muhammad Yoga Sakti, 2020. Implemantasi Javelin Dan Lean Startup Pada Strategi Pengembangan Produk Startup digital Berbasis Aplikasi Dan Website Bidang Pariwisata. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Yogyakarta.

Mutia Mernisiola Zipa, 2021. Penerapan Pendekatan Lean Startup Pada Aplikasi Evoria. Program studi informatika – program sarjanaFakultas teknologi industri Universitas islam indonesia.

Nur Rohman Ashsiddiqy, 2021. Perancangan Mobile application Untuk Startup montirkeliling.com dengan Metode Design Sprint. Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemne Informatika dan Komputer Denpasar, Bali.

Piyaneo. 2018. Managing Library Innovation Using The Lean Startup Method. Library Management.

Pujawan, 2020. Perancangan aplikasi Pemesanan Catering Penggunaan Perangkat Mobile.

Support grounded theory inquiry. Bradford: Emerald Group Publishing.

Yogiyanto. 2018. Implementasi Ee-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Fakultas Ilmu administrasi. Universitas Brawijaya Malang. Dalam Jurnal Administrasi




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1128

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.