SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN USAHA PENJUALAN EMPING MELINJO DI KABUPATEN PIDIE BERBASIS ANDROID

Suci Maurina Azzahra, Husaini Husaini, Sayed Achmady

Abstrak


Kabupaten Pidie merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Aceh yang saat ini merupakan Kabupaten dengan penyuplai terbesar emping melinjo di provinsi Aceh. Bahkan simbol kabupaten pidie adalah kerupuk mulieng (Melinjo). Banyaknya petani didesa tersebut menanam pohon dan mengolah serta menjual melinjo sehingga kabupaten Pidie ini menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki home industri penghasil emping melinjo yang paling banyak di bandingkan dengan Kabupaten lainnya di Aceh. Banyaknya usaha emping melinjo yang terdapat di desa-desa membuat pembeli atau pihak dinas terkait sulit menjangkau dikarenakan lokasi dan informasi tidak tersedia, oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi geografis untuk memudahkan pembeli menuju ke tempat tersebut. Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sebuah sistem yang didesain untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, menganalisa, mengatur dan menampilkan seluruh jenis data geografis. Penggunaan data geografis dapat mengatasi masalah di segala bidang, salah satunya dalam bidang ekonomi. SIG dapat digunakan untuk mengetahui persebaran industri kecil dan menengah. Namun, masih kurang optimal jika pada era yang serba cepat ini masih menggunakan website untuk Sistem Informasi Geografis, untuk itu dibutuhkan sebuah sistem operasi android untuk mempercepat akses kapanpun dan dimanapun pengguna berada.

Kata kunci: SIG, Melinjo, Kabupaten Pidie, android

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia Fadhila, 2017. Pembuatan sistem informasi geografis (sig) Berbasis web untuk pemetaan persebaran Usaha mikro kecil menengah (umkm) di Kabupaten blitar. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institude Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Agus Eka, Pratama, 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Aronoff, 2016. Geographic Information System a Management Perspective. Ottawa-Canada: WDL Publication.

Adi, Rian & Mayasari, A, 2017. Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1118

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.