APLIKASI DETEKSI PLAGIARISME SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JABAL GHAFUR MENGGUNAKAN ALGORITMA WINNOWING DAN JACCARD SIMILARITY BERBASIS WEB

Zul Fahmi, Fitriyani Fitriyani

Abstrak


Dalam menentukan keaslian penelitian dari sebuah skripsi yang sekarang ini dilakukan di Fakultas Teknik Univeristas Jabal Ghafur adalah dengan cara mengecek atau membandingkan penulisan skripsi tersebut dengan skripsi-skripsi sebelumnya yang telah ada secara manual yaitu dengan melihat satu-persatu di Perpustakaan. Tentu saja hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama belum lagi jika skripsi berjumlah banyak, tidak menutup kemungkinan waktu yang dibutuhkan juga akan semakin lama. Hasil dari penelitian ini mempermudah dalam mengecek tingkat persentase kesamaan dokumen skripsi, sehingga plagiarisme dapat dihindari, serta mempermudah pembimbing dalam menyetujui skripsi yang ditulis oleh mahasiswa.

Kata kunci: Aplikasi, Deteksi Plagiarisme, Skripsi Mahasiswa, Web, Bootstrap, MySQL, Algoritma Winnowing, Jaccard Similarity.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Didik Widianto, Eko 2017. Sistem Digital, Analisis, Desain dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Firdaus, Azhar 2014. Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Pada Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Nazief & Adriani Dan Metode Cosine Similarity. Universitas Bengkulu.

Heriyanto. 2012. Pencarian kemiripan judul skripsi dan abstrak dengan metode exact match. Jurnal Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta

Hidayat, Wahyu 2020. Pemilihan Parameter Terbaik Pada Algoritma Winnowing Dalam Mendeteksi Tingkat Kesamaan Dokumen Bahasa Indonesia. Citec Journal, Vol. 7, No. 2.

Iskandar, Yenni 2018. Buku Ajar Pengantar Aplikasi Komputer. Deepublish: Yogyakarta

Jarwati, dkk. 2017. Penerapan algoritma winnowing pada sistem rekomendasi penentuan dosen pembimbing skripsi. Universitas Jember (UNEJ)..

Jubilee. 2018. HTML, PHP, dan MySQL untuk Pemula. Elex Media Komputindo: Jakarta..

Karisma Wibowo, Renald 2016. Penerapan algoritma winnowing untuk mendeteksi kemiripan teks pada tugas akhir mahasiswa. Universitas Dian Nuswantoro.

Kristanto, Andi 2018. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media: Yogyakarta.

L Tobing, Doni 2013. Panduan Pemograman Berbasis Web. LT-Web Deign.

Nabila, Jaehan 2020. Panduan Anti Plagiarisme. Universitas Negeri Padang.

Nugraheni, Murien 2020. Perbandingan Jaccard Similarity Dengan Extended Jaccard Similarity Pada Penalaran Berbasis Kasus. Jurnal Pinter, Vol. 4, No. 2.

Nurdin. 2017. Sistem Pendeteksi Kemiripan Judul Skripsi Menggunakan Algoritma Winnowing. Jurnal Teknik Informatika Universitas Bengkulu

Pilipus, Agustinus 2017. Aplikasi Pendeteksi Plagiarism Dalam Karya Tulis Ilmiah Dengan Algoritma Rabin Karp. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.