PENGEMBANGAN APLIKASI MONITORING EVALUASI BELAJAR PADA PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS JABAL GHAFUR MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL

Nur Amalia, Laila Qadriah, Fitriyani Fitriyani, Junaidi Salat

Abstrak


Monitoring merupakan kegiatan pemantauan yang dilakukan untuk mengetahui kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh pihak internal kampus. Kegiatan monitoring dan evaluasi internal merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban perguruan tinggi dalam menjamin bahwa keterlaksanaan kegiatan akademik dilaksanakan sesuai dengan aturan dan mencapai sasaran yang telah ditargetkan. Melalui kegiatan monitoring ini juga, persoalan dan kendala yang dihadapi dalam implementasi dapat diintisipasi dan ditanggulangi. Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pengajar dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Di dalam lingkungan perguruan tinggi, interaksi tersebut terjadi antara mahasiswa dengan dosen. Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri dari masukan, proses dan keluaran, maka terdapat tiga jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran, yaitu evaluasi masukan, proses dan keluaran pembelajaran. Program studi dan lembaga penjaminan mutu perlu mengetahui bahwa kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat, sesuai kurikulum, dan sesuai dengan tujuan kompetansi yang akan dicapai dalam matakuliah. Siklus sistem evaluasi dan monitoring proses pembelajaran, rubrik evaluasi dosen, checklist audit program studi perlu dirancang dengan baik dengan didukung struktur organisasi penjaminan mutu di fakultas untuk memberikan jaminan kualitas yang baik dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Evaluasi, Monitoring, Pembelajaran, Sistem, Perancangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hikmat, DR. Harry. 2020. System Analysis And Design. Wesley : Publishing Company.

Kadir, Abdul. 2018. Konsep sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Moh, Suardi. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish. CV BUDI UTAMA.

Njenga. 2018. PHP Komplet. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Nur, Rusdi. Suyuti, Muhammad Arsyad. 2018. Sistem Informasi Manajemen Berbasis komputer. Jakarta : Rineka Cipta.

Yunanda. 2017. Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahapeserta Didik dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.