PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI ERA PANDEMI COVID-19 DI TINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMKN 1 SIGLI

Eka Agutina, Zakaria H. M. Yusuf, Indah Zahratul Faiza

Abstrak


Penelitian yang berjudul “Perbandingan Model Pembelajaran Online Dengan pembelajaran Tatap Muka Di Era Pandemi Di Tinjau Dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Covid-19 di SMKN 1 Sigli” ini mengangkat masalah bagaimana perbandingan pembelajaran online dan tatap muka pada siswa kelas X-OTKP Smk N 1 Sigli. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah  perbedaan pembelajaran pelajaran  ekonomi yang menggunakan model pembelajaran tatap muka dengan menggunakan model pembelajaran daring pada siswa kelas X SMKN 1 Sigli. Dalam penelitian ini yang menjadi populasinya adalah siswa kelas X-OTKP Smk N 1 Sigli dengan jumlah siswa 1020. Semple sebesar 5 % yaitu 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan product momen dan uji T. hasil analisis data menunjukan perbandingan perhitungan belajar di SMK Negeri 1 Sigli di peroleh nilai rₓᵧ sebesar 0,139. Berdasarkan perbandingan antara r hitung dengn r tabel lebih dari r tabel pada taraf signifikan 0,05%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajar yang berbeda pada setiap kelas maka nilai yang didapat oleh siswa berpengaruh terhadap prestasi siswa, Dengan demikian dapat disimpulkan (Ha) yang diajukan oleh peneliti diterima, dengan demikian dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka di SMK Negeri 1 Sigli.

Kata Kunci: Pembelajaran Online, Pembelajaran Tatap Muka , Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Sagala, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta 61

. 68

Sugiyono ,2014. Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. : Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. H,12.

Sugiyono ,2015. Kuantitatif Adalah Data Yang Berbentuk Angka, Atau Data Kuantitatif Yang Diangkakan (Scoring) : Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. H,12.

Sugiyono, 2010. Penelitian Secara Alamiah, Pemilihan Sumber Data Diperoleh Dengan Purposive Dan Snowbaal, Analisis Data Bersifat Induktif, Dan Hasil Penelitian Kualitati Lebih Menekankan Makna Dari Pada Generalisasi Bandung: Alfabeta. H 65

Sugiyono, 2016. Sampel Adalah Bagian Dari Jumlah Dan Karakteristik Yang Dimiliki Oleh Populasi

Syah Muhibbin , 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung; Remadja Rosda Karya 12




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1082

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.